Kristiningrum, Oktafia (2020) Implementasi metode STAD menggunakan permainan tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Oktafia Kristiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kristiningrum Oktafia. 2020.Implementasi Metode STAD Menggunakan Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V di SDN Kesatrian 1 Kota Malang Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra-Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra. Nihayati S.Pd M. Pd. (II) Dr. Sutarno M. Pd. Kata kunci Metode STAD permainan tebak kata hasil belajar IPS Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang dihadapi yaitu penyampaian materi dengan menjelaskan saja tanpa diselingi dengan permainan yang membuat siswa merasa bosan kurang tertarik akan pembelajaran yang memuat banyak bacaan yang harus dibaca salah satunya muatan IPS. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya materi yang harus dipelajari oleh siswa dan kurangnya variasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan metode STAD menggunakan permainan tebak kata pada muatan IPS mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan metode STAD menggunakan permainan tebak kata pada muatan IPS dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan metode STAD menggunakan permainan tebak kata pada muatan IPS. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemis MC. Taggart dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Alur dari PTK model Kemis MC. Taggart yaitu perencanaan pelaksanaan dan observasi refleksi dan perencaraan untuk pertemuan selanjutnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tektik dokumentasi dan hasil belajar siswa. Data yang diambil pada penelitian merupakan data penerapan metode STAD menggunakan permainan tebak kata data dokumentasi dan data hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas siklus I pertemuan I sebesar 80% siklus I pertemuan II sebesar 85% siklus II pertemuan I sebesar 85% siklus II pertemuan II sebesar 90%. Pembelajaran di kelas dengan metode STAD menggunakan permainan tebak kata menjadi lebih menyenangkan dan membuat siswa tertarik. Pembelajaran di kelas di setiap pertemuan mengalami peningkatan.Hasil dari observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan I sebesar 88 88% siklus I pertemuan II sebesar 92 59% siklus II pertemuan I sebesar 92 59% siklus II pertemuan II sebesar 96 29%. Berdasarkan paparan di atas kegiatan belajar siswa meningkat. Siswa lebih bersemangat melakukan pembelajaran dengan permainan tebak kata.Hasil dari evaluasi siswa pada siklus I pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 45 45% siklus I pertemuan II dengan ketuntasan klasikal 50% siklus II pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 72 72% siklus II pertemuan II dengan ketuntasan klasikal 77 27%. Berdasarkan paparan di atas ketutasan klasikal siswa meningkat. kesimpulan yang dapat diambil adanya peningkatan setiap siklusnya mulai dari pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140686 |
Actions (login required)
View Item |