Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel melalui model quantum learning berbasis karakter gemar membaca kelas IIB SD Negeri Kepanjenkidul 2 Blitar / Indah Septi Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel melalui model quantum learning berbasis karakter gemar membaca kelas IIB SD Negeri Kepanjenkidul 2 Blitar / Indah Septi Permatasari

Permatasari, Indah Septi (2020) Peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel melalui model quantum learning berbasis karakter gemar membaca kelas IIB SD Negeri Kepanjenkidul 2 Blitar / Indah Septi Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil Observasi dan wawancara ditemukan bahwa kemampuan dalam menceritakan kembali isi cerita fabel masih rendah. Kurangnya pemahaman siswa pada cerita siswa belum mengungkapkan isi cerita dengan lengkap dan sesuai dengan cerita belum lancar tersendat-sendat enggan dalam membaca kurang ditemukan penggunaan media serta keaktifan tergolong masih rendah dan hasil kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita fabel masih kurang dengan ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 35 7% dari 28 siswa hanya 10 siswa yang tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Quantum Learning dan peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan tahap pada setiap siklus yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara angket catatan lapangan tes dokumentasi. Analisis data pada penelitian melalui reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Quantum Learning dengan berbasis karakter gemar membaca dapat meningkatkan aktivitas guru serta siswa dan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel. Aktivitas guru siklus I sebesar 76 2% predikat baik meningkat pada siklus II menjadi 97 6% predikat sangat baik. Aktivitas siswa siklus I 64 6% predikat cukup meningkat pada siklus II menjadi 92 2% predikat sangat baik. Terdapat peningkatan pada kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa. Pada pratindakan ketuntasan klasikal sebesar 35 7% kriteria kurang sekali meningkat 17 9% pada siklus I menjadi 53 6% predikat kurang meningkat sebanyak 25% pada siklus II menjadi 78 6% predikat baik. Pada aspek pengetahuan siklus I 62 5% siklus II menjadi 84%. Pada aspek sikap siklus I pertemuan 1 57 1% pertemuan 2 menjadi 67 9% meningkat pada siklus II pertemuan 1 82 1% pertemuan 2 menjadi 92 9%. Pada karakter gemar membaca siklus I pertemuan 1 46 4% pertemuan 2 menjadi 60 7% meningkat pada siklus II pertemuan 1 75% pertemuan 2 menjadi 89 3%. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan model Quantum Learning berbasis karakter gemar membaca sudah dilakukan guru sangat baik siswa mengikuti dengan baik dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa. Disarankan guru menerapkan model Quantum Learning pada pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan maupun hasil nilai di dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140685

Actions (login required)

View Item View Item