Pengembangan media pembelajaran peta berdering materi keragaman suku bangsa untuk kelas IV SDN Kedawungkulon II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Nurfitrianah Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran peta berdering materi keragaman suku bangsa untuk kelas IV SDN Kedawungkulon II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Nurfitrianah Putri

Putri, Nurfitrianah (2020) Pengembangan media pembelajaran peta berdering materi keragaman suku bangsa untuk kelas IV SDN Kedawungkulon II Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Nurfitrianah Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran peta berdering merupakan perantara penyampaian materi dari guru ke siswa yang merupakan inovasi peneliti supaya lebih interaktif dibandingkan dengan penggunaan peta konvensional dan atlas. Tujuan penelitian dan pengembangan media pembelajaran peta berdering yaitu pengembangan produk peta konvensional menjadi lebih atraktif pengimplementasian produk peta berdering untuk pembelajaran materi suku bangsa yang mendiami pulau-pulau di seluruh Indonesia serta pendongkrakan respon siswa dan uji efektivitas produk peta berdering dari angket yang telah diisi oleh beberapa narasumber. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model Dick Carey yang telah dikembangkan sehingga terdiri dari analisis kebutuhan dan tujuan analisis pembelajaran analisis siswa dan konteks memilih KD dan menentukan indikator pengembangan RPP perancangan skema tampak depan dan belakang peta berdering mengembangkan produk awal media pembelajaran merancang dan melakukan evaluasi formatif melakukan revisi produk dan produk media pembelajaran akhir. Hasil evaluasi ahli media untuk media peta berdering menunjukan bahwa ahli media memberikan nilai 92 % dalam kriteria sangat layak ahli materi memberikan nilai 94% dalam kriteria sangat layak dan uji kemenarikan media peta berdering dengan menggunakan 5 siswa memperoleh hasil rata- rata nilai 94% dalam kriteria sangat layak. Media pembelajaran peta berdering sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar karena telah lolos melalui proses validasi ahli media ahli materi dan respon siswa saat kegiatan uji coba peneliti berlangsung. Kegiatan penelitian dan pengembangan ini dikatakan berhasil karena sudah mencapai tujuan yakni menghasilkan produk media yang layak pakai dapat diimplementasikan dengan mudah menarik minat siswa serta efektif dalam penyampaian materi keragaman suku bangsa. Saran yang diberikan peneliti untuk guru diharapkan untuk menggunakan media peta berdering sebagai media penunjang selain media yang biasa digunakan. Saran untuk pengembang lanjut diharapkan untuk menggunakan materi lain dalam penggabungan dengan media peta berdering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140682

Actions (login required)

View Item View Item