Pengembangan media pembelajaran interaktif materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda bagi kelas v sd / Arini Khikmata Khusna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda bagi kelas v sd / Arini Khikmata Khusna

Khusna, Arini Khikmata Khusna (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda bagi kelas v sd / Arini Khikmata Khusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif dilaksanakan di kelas V SDN Setonorejo 1 Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa penggunaan media saat pembelajaran daring belum optimal dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA cukup rendah khususnya materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda. Materi tersebut termuat pada KD 3.7 dan 4.7. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran interaktif materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda bagi kelas V SD yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan menarik bagi siswa. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil 1) validitas produk oleh ahli materi dan ahli media 2) kepraktisan oleh guru sebagai pengguna dan 3) kemenarikan produk oleh pesertaa didik. Sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh ahli materi pengguna dan peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda bagi kelas V SD layak digunakan. Validasi produk ahli materi dan ahli media dilakukan 2 tahap validasi materi tahap pertama memperoleh nilai 78% dan tahap kedua mencapai presentase sebesar 100%. Sedangkan validasi media pertama memperoleh persentase sebesar 80 5% dan tahap 2 memperoleh persentase sebesar 100%. Kepraktisan produk mencapai 100% berarti produk sangat praktis menurut pengguna. Serta kemenarikan memperoleh rata-rata 98 25%. Berdasarkan hasil penelitian produk media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sangat praktis dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk media pembelajaran interaktif terbatas pada muatan IPA materi pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda sehingga perlu dikembangkan materi lain yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140680

Actions (login required)

View Item View Item