Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay materi sistem pernapasan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu untuk siswa kelas 5 sdn 5 ngetos / Bangkit Bacharudin Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay materi sistem pernapasan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu untuk siswa kelas 5 sdn 5 ngetos / Bangkit Bacharudin Yusuf

Yusuf, Bangkit Bacharudin Yusuf (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis autoplay materi sistem pernapasan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu untuk siswa kelas 5 sdn 5 ngetos / Bangkit Bacharudin Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era perkembangan teknologi seperti ini inovasi perlu dilakukan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran di sekolah agar tidak monoton dan membosankan. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas 5 SDN 5 Ngetos terdapat permasalahan yaitu pembelajaran masih menggunakan metode ceramah peserta didik kurang aktif dan kurang fokus dalam pembelajaran kurangnya media pembelajaran yang digunakan pemanfaatan laptop LCD dan proyektor yang belum optimal dan sumber belajar mengandalkan buku tematik dari Kemendikbud. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Interaktif berbasis autoplay materi sistem pernapasan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada siswa kelas 5 SDN 5 Ngetos yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna atau guru dan menarik untuk peserta didik. Pengembangan produk ini menggunakan model penelitian Borg and Gall dengan 10 langkah pengembangan yaitu potensi masalah pengumpulan data desain produk validasi produk revisi produk uji coba produk revisi produk uji coba uji coba pemakaian produk revisi produk akhir dan produksi massal. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara angket untuk validasi produk angket respon peserta didik dan dokumentasi. Angket validasi diberikan kepada ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna untuk mengukur validitas produk. Sedangkan angket respon peserta didik untuk mengukur kemenarikan produk dan karakter rasa ingin tahu. Hasil validasi oleh ahli materi 95% ahli media 93 75% dan guru 100% semua tergolong kategori sangat valid. Respon peserta didik mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat menarik dan menumbuhkan rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil validasi ahli materi ahli media guru dan respon peserta didik maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran interaktif berbasis autoplay materi sistem pernapasan dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada siswa kelas 5 SDN 5 Ngetos dikategorikan sangat valid dan sangat menarik sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140675

Actions (login required)

View Item View Item