Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika bangun datar persegi panjang ditinjau dari gaya belajar kelas 4 sdn cangkringturi sidoarjo / DINESTIA FIDYA RAMADHANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika bangun datar persegi panjang ditinjau dari gaya belajar kelas 4 sdn cangkringturi sidoarjo / DINESTIA FIDYA RAMADHANTI

Ramadhanti, Dinestia Fidya Ramadhanti (0000) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika bangun datar persegi panjang ditinjau dari gaya belajar kelas 4 sdn cangkringturi sidoarjo / DINESTIA FIDYA RAMADHANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan oleh siswa untuk memahami dan memecahkan suatu masalah yang membutuhkan penalaran evaluasi dan analisis. Berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dapat mengurangi terjadinya kesalahan saat menyelesaikan soal atau saat menghadapi masalah. Proses belajar siswa yang cukup beragam dan memiliki tantangan tersendiri untuk guru agar mampu memahami karakter gaya belajar tiap-tiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended materi bangun datar ditinjau dari gaya belajar visual gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik siswa kelas IV SDN Cangkringturi. Hal ini ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dalam penelitian menggunakan indikator berpikir kritis dari Facione yang terdiri dari enam komponen. Komponen indikator tersebut yaitu interpretasi analisis evaluasi inferensi eksplanasi self-regulation. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dilakukan kepada siswa kelas IV SDN Cangkringturi yang berjumlah 25 siswa. 6 subjek yang dipilih peneliti akan dianalisis dan dilakukan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket belajar soal tes bangun datar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gaya belajar mampu memenuhi 6 indikator berpikir kritis interpretasi analisis evaluasi inferensi eksplanasi dan self-regulation. (2) kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditori dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gaya belajar mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis interpretasi evaluasi inferensi dan eksplanasi. Subjek auditori cenderung mampu memenuhi tahap analisis dan self-regulation. Sedangkan (3) kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah open ended ditinjau dari gaya belajar mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis interpretasi analisis inferensi dan eksplanasi. Subjek kinestetik lebih cenderung aktif menggerakkan pensil dan melakukan coret-coretan pada kertas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140673

Actions (login required)

View Item View Item