Pengembangan media video berbasis sparkol videoscribe untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas v pada muatan ipa tema 3 subtema 1 di sdn puhjarak 2 / Deasty Zurintan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video berbasis sparkol videoscribe untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas v pada muatan ipa tema 3 subtema 1 di sdn puhjarak 2 / Deasty Zurintan

Zurintan, Deasty Zurintan (2021) Pengembangan media video berbasis sparkol videoscribe untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas v pada muatan ipa tema 3 subtema 1 di sdn puhjarak 2 / Deasty Zurintan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring. Salah satu bagian penting untuk menunjang proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan selama pembelajaran daring di SDN Puhjarak 2 berupa buku cetak dan media foto serta belum ada variasi media pembelajaran lain. Akan tetapi penggunaan media pembelajaran tersebut masih belum maksimal dalam menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V hal ini ditunjukkan pada saat proses pembelajaran hanya beberapa anak yang bertanya mengenai materi pembelajaran dan siswa terlihat kurang antusias pada saat proses pembelajaran serta masih banyak siswa yang belum menguasai materi pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema 3 Subtema 1. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media video berbasis Sparkol Videoscribe untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa kelas V pada muatan IPA tema 3 subtema 1 di SDN Puhjarak 2 yang valid berdasarkan ahli materi ahli media dan pengguna (guru kelas V) serta praktis bagi siswa. Potensi yang mendukung untuk dikembangkannya media tersebut adalah adanya sarana seperti LCD dan laptop. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Jenis data yang digunakan yaitu berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknil pengumpulan data yaitu wawancara dengan guru kelas V angket validasi dari ahli materi ahli media dan guru kelas V serta angket respon siswa terkait kepraktisan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan nilai sebesar 91 66% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 96 3% dengan kategori sangat valid. Sedangkan validasi pengguna (guru kelas V) mendapatkan nilai sebesar 95%. Angket respon siswa pada uji coba lapangan mendapatkan persentase sebesar 90 8% dengan kategori sangat praktis. Berbagaisaran dan masukan yang diberikan oleh ahli materi ahli media dan pengguna (guru kelas V) tetap digunakan sebagai acuan untuk menyempurnakan produk. Saran untuk pemanfaatan media video berbasis Sparkol Videoscribe yaitu perlu mempertimbangkan situasi dan kondisi yaitu materi yang dibahas antara lain hanya meliputi sistem pencernaan hewan ruminansia dan sistem pencernaan manusia. Sekolahhendaknya memiliki fasilitas pendukung pembelajaran seperti proyektor LCD atau jika pembelajaran daring perlu memperhatikan fasilitas pendukung pembelajaran seperti smartphone laptop atau komputer serta jaringan internet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:29
Last Modified: 11 Oct 2023 06:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140672

Actions (login required)

View Item View Item