Karakterisasi Antareja sebagai visualisasi komik superhero Indonesia / Oscar Ery Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakterisasi Antareja sebagai visualisasi komik superhero Indonesia / Oscar Ery Permana

Permana, Oscar Ery (2011) Karakterisasi Antareja sebagai visualisasi komik superhero Indonesia / Oscar Ery Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wayang adalah salah satu budaya Indonesia yang harus dipertahankan. Pada saat ini wayang telah diresmikan sebagai warisan dunia oleh PBB. Hal ini merupakan salah satu usaha masyarakat Indonesia dalam mempertahankan budaya bangsa. Pada era 60-an komik dengan karakter pewayangan sempat mengalahkan produk komik luar negeri di Indonesia. Maka dari itu penulis mengembalikan kembali kejayaan komik Indonesia dengan mengangkat karakter-karakter pewayangan dengan komik. Tingkat kepedulian konsumen Indonesia akan komik saat ini masih kecil karena perhatian mereka masih terpusat pada karya-karya luar negeri. Komik pewayangan juga membutuhkan penyampaian baru yang sesuai dengan kemajuan jaman. Rumusan masalah skripsi perancangan ini yaitu anak remaja Indonesia sekitar umur 13-17 tahun yang lebih banyak mengenal komik asing daripada komik dalam negerinya. Manfaat praktis dari perancangan ini adalah mengenalkan dan mempromosikan komik superhero Indonesia pada generasi muda dan remaja zaman sekarang yang pada kenyataanya mengenal lebih banyak komik asing daripada karya dan produk dalam negerinya. Sedangkan manfaat teoritis dari perancangan ini adalah menggunakan komik selain sebagai media desain komunikasi visual juga sebagai promosi untuk mengenalkan kembali komik wayang Indonesia. Metode skripsi perancangan ini menggunakan metode konseptual. Alasan penggunaan metode ini adalah menyampaikan pesan yang dari perancang tentang sebuah gambaran nyata kepada masyarakat melalui bahasa visual yang dalam perancangan ini berupa komik. Dengan begitu dibutuhkan analisa untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap-tiap komponen produk yang akan dirancang. Dalam perancangan ini juga dibutuhkan ketelitian dalam membangun persepsi yang baik bagi target audience sehingga selain pesan dari perancang dapat tersampaikan produk tersebut dapat dikenal dan dicari oleh target audience dan disukai oleh konsumen. Perancangan ini menghasilkan komik fullcolor berukuran kertas A4 tentang tokoh wayang dalam wujud superhero. Kesimpulanya dengan adanya perancangan ini remaja memiliki sebuah alternatif yaitu komik dalam negeri yang dikemas mirip dengan komik asing. Komik ini menggunakan karkter wayang dalam cerita modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item View Item