Ragam konten tiktok yang digemari mahasiswa (studi kasus peran dan manfaat tiktok sebagai media informasi pendidikan luar sekolah) / Novi Nurul Masrurotin - Repositori Universitas Negeri Malang

Ragam konten tiktok yang digemari mahasiswa (studi kasus peran dan manfaat tiktok sebagai media informasi pendidikan luar sekolah) / Novi Nurul Masrurotin

Masrurotin, Novi Nurul Masrurotin (2021) Ragam konten tiktok yang digemari mahasiswa (studi kasus peran dan manfaat tiktok sebagai media informasi pendidikan luar sekolah) / Novi Nurul Masrurotin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari banyaknya mahasiswa pengguna Tiktok di kalangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepada khalayak umum tentang peran serta manfaat Tiktok dalam pendidikan informal. Selain itu memberikan informasi bagi masyarakat bahwa aplikasi ini menurapakn salah satu media informasi yang edukatif bagi mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data primer diambil dari tiga orang mahasiswa yang memiliki pengikut paling banyak di akun Tiktok meulalui wawancara. Sumber data sekunder diambil dari studi dokumen wawancara kepada tiga orang mahasiswa yang akrab dengan aktivitas Tiktok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa konten yang digemari oleh mahasiswa sebagai media informasi informal. Diantaranya adalah konten tentang edukasi pengasuhan gaya busana tata rias kuliner bisnis atau jual beli dan rekomendasi film. Dari banyaknya konten yang digemari mahasiswa memberikan kebermanfaatan yang berbeda-beda. Diantaranya adalah memberikan wawasan baru kepada mahasiswa yang tidak didapatkan di pendidikan formal ataupun nonformal. Wawasan baru tersebut memberikan beberapa dampak positif dan negatif bagi mahasiswa. Dampak negatif yang dirasakan mahasiswa yaitu semakin boros waktu dan uang. Sedangkan dampak positifnya dapat meningkatkan daya kreatif mahasiswa melatif manajemen diri dengan baik serta meningkatkan kemampuan berfikir mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti terdapat beberapa perubahan yang dirasakan oleh mahasiswa setelah memiliki akun tiktok dan aktif di tiktok. Beberapa diataranya adalah mahasiswa mengalami perubahan cara berfikir berperilaku serta menjadikan konten tiktok sebagai media pembelajaran informal. Saran yang dapat diberikan kepada mahasiswa peneliti lain dan para pengguna Tiktok lainnya (conten creator dan penonton). Harapan dari keberadaan Tiktok dapat menjadikan Tiktok sebagai wadah belajar informal yang edukatif dapat memberikan konten-konten yang mendidik memberikan tangkapan atau komentar yang baik dan tidak mengandung sara pelecehan dan hal negatif lain. Mahasiswa diharapkan dapat mengangkat nama baik Pendidikan Luar Sekolah dengan terus memberikan inovasi pembelajaran Informal melalui Tiktok. Harapan bagi peneliti lain yaitu penelitian ini dapat dijadika referensi tentang kebermanfaatan media sosial dalam menunjang pendidikan informal. Terdapat keterkaitan anatra media sosial pendidikan informal serta pedagogi publik di dalam aplikasi Tiktok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140626

Actions (login required)

View Item View Item