Pengasuhan orangtua dalam mengatasi persaingan antar saudara pada anak usia dini / Prilly Putri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengasuhan orangtua dalam mengatasi persaingan antar saudara pada anak usia dini / Prilly Putri Maharani

Maharani, Prilly Putri Maharani (2021) Pengasuhan orangtua dalam mengatasi persaingan antar saudara pada anak usia dini / Prilly Putri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang sering dialami seperti persaingan antar saudara merupakan hal yang biasa terjadi pada anak. Masalah seperti ini didasari dengan sifat egosentris anak perasaan ingin berkompetisi dan kondisi sosio emosional anak yang cenderung fluktuatif. Kehadiran orangtua menjadi penting perannya dalam mengatasi permasalahan tersebut untuk menjaga keharmonisan keluarga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana penyebab perilaku persaingan antar saudara dan pengasuhan orangtua yang tepat dalam mengatasinya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemerolehan data ini bersumber dari keluarga yang memiliki anak usia dini menunjukkan sikap persaingan antar saudara yang berlokasi di RW 01 Kelurahan Gading Kasri Kecamatan Klojen. Teknik analisis data dilakukan dengan pedoman analisis data spiral (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) data diorganisir ke dalam suatu bentuk sajian tertentu dan (4) melakukan paparan data dan penegasan simpulan. Proses pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan penyebab terjadinya persaingan antar saudara pada anak usia dini dalam kedua keluarga adalah a) perbedaan usia di antara keduanya yang terbilang dekat b) sikap egosentris pada anak c) perhatian dan kasih sayang yang berbeda diberikan oleh orangtua pada masing-masing anaknya. Selain itu penelitian ini mengurai tentang pengasuhan orangtua untuk mengatasi persaingan antar saudara pada anak usia dini dengan (1) keluarga pertama mengasuh anak dengan cara pendekatan personal pada kedua anak pendekatan yang lebih intim kepada anak agar anak dapat merasakan kedekatan dengan orangtuanya dan tidak membeda-bedakan anatara kedua anaknya (2) keluarga kedua mengasuh anak dengan pengasuhan yang netral dengan tidak membeda-bedakan kedua anaknya juga sesuai dengan keinginan anak namun harus dengan kesepakatan bersama anatara kedua orangtua juga kedua anak. Berdasarkan hasil penelitian ini orangtua yang memiliki anak usia dini di Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang disarankan agar memberikan pengasuhan yang baik dan membangun komunikasi positif guna mengatasi persaingan yang terjadi pada saudara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140625

Actions (login required)

View Item View Item