Pengaruh cara pembelajaran interaktif tutor terhadap hasil belajar warga belajar di sanggar kegiatan belajar (skb) kota malang / Ririn Destari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara pembelajaran interaktif tutor terhadap hasil belajar warga belajar di sanggar kegiatan belajar (skb) kota malang / Ririn Destari

Destari, Ririn Destari (2021) Pengaruh cara pembelajaran interaktif tutor terhadap hasil belajar warga belajar di sanggar kegiatan belajar (skb) kota malang / Ririn Destari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Destari Ririn. 2021. Pengaruh Cara Pembelajaran Interaktif Tutor Terhadap Hasil Belajar Warga Belajar di Sanggar Belajar (SKB) Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach Rasyad M. Pd. (II) Kukuh Miroso Raharjo S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran interaktif hasil belajar Cara Pembelajaran Interaktif merupakan suatu metode pembelajaran yang menunjukkan adanya suatu interaksi antara tutor dengan warga belajar yang berlangsung dalam situasi yang edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Macam-macam cara pembelajaran interaktif yaitu metode ceramah metoe diskusi dan metode latihan. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seorang individu baik bersifat kognitif (pengetahuan) afektif (sifat) maupun psikomotorik (keterampilan) yang diperoleh melalui serangkaian proses belajar mengajar. Pendidikan dan pembelajaran bisa dikatakan berhasil apabila ada perubahan-perubahan yang tampak pada warga belajar merupakan akibat dari proses belajar yang diikutinya. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti melihat terhadap hasil belajar warga belajar Program Kesetaraan Paket B dan C di SKB Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran Interaktif Tutor kejar paket B dan C di SKB Kota Malang untuk mengetahui hasil belajar warga belajar kejar paket B dan C di SKB Kota Malang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara metode pembelajaran Interaktif Tutor dengan hasil belajar warga belajar Kejar Paket B dan C di SKB Kota Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif serta analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Berganda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar program kesetaraan paket B dan C di SKB Kota Malang yang berjumlah 120 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deksriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode ceramah ditunjukkan dengan jumlah presentase yaitu 30 2% metode diskusi sebesar 31 4% sedangkan untuk metode latihan sebesar 30 9% untuk warga belajar yang memilih sangat setuju (2) Hasil belajar yang dilihat dari penguasaan materi pada warga belajar program kesetaraan paket B dan C digambarkan sangat setuju dengan jumlah presentase 32 5% sedangkan untuk hasil belajar yang dilihat dari keaktifan dikelas digambarkan sangat setuju 31 6% (3) terdapat pengaruh cara pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar warga belajar program kesetaraan paket B dan C di SKB Kota Malang. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan terdapat pengaruh cara pembelajaran inetarktif tutor terhadap hasil belajar warga belajar program kesetaraan paket B dan C di SKB Kota Malang. Saran ditujukan (1) Bagi Tutor yang menyelenggarakan pembelajaran interaktif agar hasil belajar lebih maksimal harus bisa menjadi fasilitator sekaligus motivator bagi warga belajar di SKB. (2) Bagi SKB yang tutornya menyelenggarakan pembelajaran interaktif agar hasil belajar warga belajar diperoleh dengan baik maka pihak SKB harus memberikan fasilitas pendukung yang mendukung proses pembelajaran para warga belajar. dan (3) bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah sampel mengembangkan instrument peneltian dan menggunakan metode wawancara atau observasi sebagai pendalaman hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140623

Actions (login required)

View Item View Item