Metode pembelajaran pada pelatihan manajemen puskesmas di unit pelaksana teknis pelatihan kesehatan masyarakat murnajati / Moh. Alfan Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Metode pembelajaran pada pelatihan manajemen puskesmas di unit pelaksana teknis pelatihan kesehatan masyarakat murnajati / Moh. Alfan Firdaus

Firdaus, Moh. Alfan Firdaus (2021) Metode pembelajaran pada pelatihan manajemen puskesmas di unit pelaksana teknis pelatihan kesehatan masyarakat murnajati / Moh. Alfan Firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini berjudul ldquo Metode Pembelajaran pada Pelatihan Manajemen Puskesmas di UPT Latkesmas Murnajati rdquo . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode diskusi kelompok metode kunjungan lapangan dan bermain peran sebagai metode pembelajaran pada pelaksanaan pelatihan manajemen puskesmas di UPT Latkesmas Murnajati. Metode yang digunakan pada proses penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan studi dokumentasi. Metode pembelajaran pada pelaksanaan pelatihan manajemen puskesmas merupakan upaya penerapan pendekatan orang dewasa oleh fasilitator pelatihan kepada peserta pelatihan. Pelaksanaan metode pembelajaran pada pelatihan manajemen puskesmas di UPT Latkesmas Murnajati antara lain yaitu (1) metode diskusi kelompok (2) metode kunjungan lapangan dan (3) bermain peran. Diskusi kelompok yaitu merupakan sebuah percakapan dari dua orang atau lebih dengan menganalisis suatu permasalahan dengan melalui proses mencari solusi atas permasalahan. Metode pembelajaran kedua yakni kunjungan lapangan yaitu metode pembelajaran yang merupakan kurikulum lembaga dengan mengajak peserta didik ke sebuah objek ke luar instansi untuk memberikan kesempatan bagi peserta untuk melakukan pengamatan berkelompok untuk menyelidiki sesuatu. Metode pembelajaran ketiga yakni bermain peran yaitu sebuah cara untuk menyajikan suatu bahan pelajaran dalam bentuk skenario drama sedangkan peserta didik melakukan penokohan menjadi orang lain yang bertujuan untuk melatih ketrampilan sosial peserta didik. Disarankan kepada Kepala UPT Latkesmas Murnajati bahwa perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan. Bagaimana agar penerapan metode pembelajaran benar-benar sesuai dengan materi-materi yang disajikan di kelas pelatihan serta peningkatan kualitas fasilitator pelatihan yang mengampu metode pembelajaran. Kemudian disarankan kepada widyaiswara sebagai fasilitator pelatihan terutama pada pelatihan manajemen puskesmas agar membenahi dan meningkatkan kualitas cara mengajar penguasaan terhadap materi dan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140617

Actions (login required)

View Item View Item