Ardiawan, Aji Mulyanto (2018) Pengembangan media pembelajaran autoplay media studio 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang) / Aji Mulyanto Ardiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardiawan Aji Mulyanto. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Autopplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang).Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci media autoplay media studio 8 hasil belajar. Pendidikan memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa. Dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan dibuktikan perangkat kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat menunjang proses pembelajaran. Dalam mata pelajaran Kearsipan memiliki materi yang mampu melatih kemampuan kognitif dan psikomotor peserta didik sebagai bekal dalam menghadapi dan bersaing di dunia nyata. Oleh sebab itu tidak cukup penyampaian materi hanya melalui ceramah namun juga diperlukan praktek. Dengan pengembangan media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu proses penyampaian materi dalam pembelajaran Penelitian pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk media pembelajaran pada mata pelajaran Kearsipan untuk peserta didik kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 yang telah dibuat melalui uji validasi (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi berdasarkan pada kebutuhan. yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Produk akhir. Validasi media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dilaksanakan oleh 1 ahli materi 1 ahli media dan 38 siswa. Jenis data yang terdapat dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran kritik dan komentar validator ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil (pengguna) terhadap media pembelajaran yang dihasilkan. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi oleh validator ahli media ahli materi dan uji coba kelompok kecil (pengguna) serta hasil posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan media pembelajaran dengan uji validitas. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menggunakan uji Independent-sample T test Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian berupa hasil validasi media oleh ahli media ahli materi dan pengguna (uji coba kelompok kecil). Perolehan hasil validasi ahli media sebesar 92% dengan kriteria sangat valid hasil validasi ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat valid dan hasil pengguna (uji coba kelompok kecil) sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari post test peserta didik kelas ekperimen dan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 84 09 sedangkan kelas kontrol sebesar 71 85. Dari hasil analisis uji t diketahui probabilitas 0 00 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas eksperimen tidak sama. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kajian dari produk penelitian pengembangan ini adalah (1) Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 pada mata pelajaran Kearsipan (2) media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan (3) Berdasarkan hasil analisis uji t Independent Sample T-test terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Saran pemanfaatan (1) Peserta didik dapat mengakses media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dengan menggunakan laptop atau komputer sebagai media yang akan digunakan untuk mengoperasikan (2) Produk yang berupa media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran kearsipan baik dalam kelas maupun secara mandiri sehingga peserta didik dapat mempelajari materi yang berada dalam media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 secara mandiri atau kelompok (3) Jika menggunakan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dalam pembelajaran hendaknya tidak lepas dari bimbingan guru agar proses pembelajaranya berjalan dengan lancar. Saran pengembangan produk lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini antara lain (1) Adanya pengembangan lebih lanjut dengan mengkombinasi aplikasi lain untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih interaktif (2) Pengembangan media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dapat disajikan dengan acuan yang berbeda atau untuk menghasilkan media pembelajaran yang lebih inovatif (3) Adanya pengembangan yang dapat membantu agar media pembelajaran Autoplay Media Studio 8 dapat dijalankan disemua perangkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140614 |
Actions (login required)
View Item |