Analisis kapasitas lahan dan bangunan terhadap daya tampung peserta didik pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang / Muhammad Fakhron Noviansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kapasitas lahan dan bangunan terhadap daya tampung peserta didik pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang / Muhammad Fakhron Noviansyah

Noviansyah, Muhammad Fakhron (2020) Analisis kapasitas lahan dan bangunan terhadap daya tampung peserta didik pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang / Muhammad Fakhron Noviansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guna mewujudkan tujuan pendidikan sarana dan prasarana pendidikan menjadi penting dikarenakan mutu pendidikan dapat ditingkatkan dengan cara ketersediaan sarana dan prasarana. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Bab 1 dinyatakan jenjang pendidikan dasar harus mempunyai kriteria minimum sarana dan prasarana pendidikan. Beberapa sekolah pada jenjang pendidikan dasar Kota Malang masih ada yang tidak memenuhi standar yang sudah dibuat pemerintah. Seperti yang terjadi di beberapa sekolah di Kota Malang yang menampung peserta didik melebihi kapasitas yang dimiliki sekolah tanpa memandang kesejahteraan peserta didik untuk menerima pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) ukuran lahan sekolah (2) ukuran bangunan sekolah (3) jumlah peserta didik dan (4) kapasitas lahan dan bangunan sekolah pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian non-eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh sekolah pada jenjang pendidikan dasar Kota Malang yaitu 195 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 27 Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Kota Malang. Dikarenakan populasi jumlahnya besar maka peneliti menggunakan sampel. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dan proporsional simple random sampling merupakan suatu teknik dengan pengambilan anggota sampel dari populasi dengan acak dan juga berimbang namun tanpa memperhatikan strata pada populasi itu sehingga masing-masing sekolah mendapatkan kemungkinan yang sama untuk menjadi sampel. Dari hasil perhitungan tersebut maka jumlah sampel sebanyak 99 SDN dan 14 SMPN. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang didapat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang berupa jumlah peserta didik tiap sekolah untuk melengkapi data dilaksanakan dengan cara tanya jawab secara tatap muka langsung pada masing-masing sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama negeri di Kota Malang berupa jumlah luas lahan sekolah dan jumlah luas bangunan sekolah. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu untuk mengungkap kapasitas lahan dan bangunan dengan jumlah peserta didik pada jenjang pendidikan dasar di Kota Malang. Penelitian ini menghasilkan temuan sebaian berikut (1) total luas lahan SDN di Kota Malang adalah 53.736m2 dan total luas lahan SMPN di Kota Malang adalah 18.008m2 (2) total luas bangunan sekolah dasar negeri di Kota Malang adalah 55.569m2 dan total luas bangunan sekolah menengah pertama negeri Kota Malang sebesar 23.637m2 (3) total jumlah peserta didik sekolah dasar negeri di Kota Malang adalah 28.016 peserta didik dan total jumlah peserta didik sekolah menengah pertama negeri peserta didik di Kota Malang adalah 11.743 peserta didik dan (4) kapasitas lahan dan bangunan sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama negeri Kota Malang. Saran dari hasil penelitian ini antara lain (1) saran teoritis bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih mendalam untuk mendapatkan temuan-temuan baru yang dapat menjadi bahan pembelajaran atau bahan pengembangan khususnya manajemen sarana prasarana pendidikan dan untuk mendapatkan berbagai alternatif pemecahan masalah yang ada dalam manajemen sarana prasarana pendidikan (2) saran praktis yaitu (a) bagi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang diharapkan mempunyai data sarana prasarana sekolah agar pemerintah dapat memperhitungkan kapasitas daya tampung yang sesuai dengan lahan dan bangunan yang dimiliki pada setiap sekolah khususnya untuk jenjang pendidikan dasar di Kota Malang. (b) bagi Kepala Sekolah pada Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Malang diharapkan mampu mempertimbangkan jumlah kuota penerimaan peserta didik baru dengan kemampuan daya tampung yang dimiliki oleh sekolah. (c) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini lebih dalam agar fasilitas pendidikan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya. (d) bagi Peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini lebih luas dan dapat digunakan untuk referensi penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140603

Actions (login required)

View Item View Item