Hubungan efikasi diri dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang / Sari Oktavia Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan efikasi diri dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang / Sari Oktavia Ningsih

Ningsih, Sari Oktavia (2020) Hubungan efikasi diri dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang / Sari Oktavia Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Efikasi diri merupakan suatu kepercayaan pada kemampuan yang dimiliki untuk melaksanakan tugasnya dari yang mudah hingga yang sulit serta mempunyai komitmen akan mampu dalam menghadapi kondisi tertentu. Iklim sekolah merupakan bagian dari perasaan dan tingkah laku yang akan ditimbulkan oleh lingkungan sekolah untuk menciptakan suasana belajar dan mengajar yang mendukung serta menciptakan sekolah yang efektif. Motivasi kerja guru merupakan salah satu faktor yang menimbulkan semangat dorongan tanggung jawab dalam bekerja guna mencapai target yang ditetapkan. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan adanya hubungan efikasi diri dengan motivasi kerja guru iklim sekolah dengan motivasi kerja guru serta hubungan efikasi diri dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif-korelasional.Pada saat pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket.Subjek yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru SMKN Kota Malang. Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian ini yaitu pada variabel efikasi diri berada pada kategori rendah sedangkan pada variabel iklim sekolah danmotivasi kerja berada pada kategori sedang. Maka variabel efikasi diri perlu ditingkatkan kembali agar semakin optimal.Adanya hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang. Maka dapat disimpulkan bahwa efikasi diri yang semakin tinggi juga akan mempengaruhi motivasi kerja guru. Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang. Jadi apabila iklim sekolah meningkat dan semakin tinggi akan berdampak pada tingginya motivasi kerja guru. Terdapat hubungan yang signifikan dan positif dari variabel efikasi diri dan iklim sekolah dengan motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang. Sehingga dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa semakin tingginya efikasi diri dan iklim sekolah maka akan berdampak pula pada tingginya motivasi kerja guru di SMKN Kota Malang. Berdasarkan kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran kepada guru SMKN Kota Malang untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri agar dapat lebih percaya pada kemampuan yang dimiliki serta dapat melaksanakan pembelajaran dengan nyaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140601

Actions (login required)

View Item View Item