Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tingkat sekolah dasar kelas awal / Erlansah Arya Pranantama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tingkat sekolah dasar kelas awal / Erlansah Arya Pranantama

Pranantama, Erlansah Arya (2011) Pengembangan multimedia interaktif pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tingkat sekolah dasar kelas awal / Erlansah Arya Pranantama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Pendidikan Agama Islam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang diberikan kepada seluruh siswa SD kelas 1 sampai dengan kelas 3. Pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini membahas materi-materi yang meliputi pengenalan praktik wudhu dan shalat. Ditinjau dari karakteristik pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka pembahasan lebih banyak mengupas tentang tata cara wudhu dan shalat. Permasalahan timbul karena pembelajaran menggunakan buku cetak atau modul tentu saja dirasakan kurang hal ini karena buku cetak atau modul hanya dapat menyajikan gambar diam saja. Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengatasi permasalahan belajar siswa dengan menciptakan media belajar berupa Multimedia Interaktif pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bahasan praktik wudhu dan shalat yang bertujuan untuk membantu memudahkan dan memotivasi siswa SD khususnya kelas awal untuk memahami materi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pengembangan Multimedia Interaktif ini adalah menggunakan model Kemp dan Dayton namun pada aplikasinya mengalami modifikasi di mana langkah-langkahnya adalah menentukan (1) ide atau tujuan umum pembelajaran (2) tujuan khusus pembelajaran (3) karakteristik audiens (4) isi materi (content outline) (5) treatment (6) storyboard (7) developing editing and mixing dan (8) testing and revising. Metode pengumpulan data dalam pengembangan Multimedia Interaktif ini menggunakan metode wawancara dan angket. Metode wawancara dilakukan sebagai metode dalam mengumpulkan data pada saat praproduksi dan angket digunakan sebagai uji coba pada saat pasca produksi. Produk yang dihasilkan berupa Multimedia Interaktif berjudul Belajar Wudhu dan Shalat yang memberikan kesan senang saat belajar praktik wudhu dan shalat tidak kaku dan menyenangkan bagi siswa SD kelas awal. Multimedia Interaktif ini terdiri dari media utama berupa Multimedia Interaktif dan media pendukung berupa CD Label dan katalog. Perancangan media tersebut saling berkaitan dan menjadi satu paket dalam pengembangan ini. Dari hasil uji coba produk pengembangan ini didapat data sebagai berikut ahli isi atau materi menyatakan produk Multimedia Interaktif ini mencapai kualifikasi tinggi atau layak dengan prosentase jawaban 83%. Saran desiminasi produk pengembangan Multimedia Interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bahasan wudhu dan shalat ini adalah agar produk ini dapat disebarluaskan dan digunakan oleh siswa SD secara luas. Namun penyebaran produk juga harus disertai dengan penyediaan fasilitas-fasilitas teknologi yang memadai seperti komputer atau laptop beserta sound system dan proyektor untuk memfasilitasi produk ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14060

Actions (login required)

View Item View Item