Pradana, Rudea Fandi (2020) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (studi kasus di SMA Tazkia International Islamic Boarding School Malang) / Rudea Fandi Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pradana R.F. 2020. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di Sma Tazkia International Islamic Boarding School Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd. (II) R. Bambang Sumarsono S.Pd. M. Pd. Kata Kunci Strategi Kepala Sekolah Kinerja Guru. Kurangnya kompeten guru dalam menyampaikan proses pembelajaran kepada peserta didik secara tak langsung berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Proses pembelajaran yang dilakukan guru dapat dicapai dengan kompetensi yang dimiliki. Keterbatasan wawasan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik baik menggunakan metode mengajar maupun penunjang lainnya akan sangat berpengaruh terhadap hasil peserta didik. Guru di SMA Tazkia mempunyai semangat tinggi serta inovatif dalam mengajar. Kinerja guru yang sudah ada menurut peneliti masih kurang maksimal. Dapat dilihat dari kendala guru yang dihadapi kendala ketika mengajar dan masalah pribadi guru yang sangat berpengaruh dalam pencapaian kinerjanya. Maka dari itu peneliti menilai peran guru untuk meningkatkan kinerjanya tersebut tak lepas dari upaya kepala sekolah untuk memaksimalkan kinerja guru. Fokus Penelitian yaitu Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Tazkia Malang. Fokus rinci penelitian terdiri dari (1) prosedur kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Tazkia IIBS Malang (2) bentuk kegiatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Tazkia IIBS Malang (3) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Tazkia IIBS Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Jalan Tirto Sentono No.15 Dsn. Klandungan Landungsari Dau Malang Jawa Timur 65151. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjelaskan fokus penelitian yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan (1) triangulasi (2) perpanjangan keikutsertaan (3) ketekunan pengamatan (4) pengecekan anggota (5) kecukupan bahan referensi. Hasil temuan penelitian ini meliputi (1) prosedur kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari merencanakan kinerja guru menetapkan kedisiplinan guru menetapkan capaian kinerja guru menetapkan standar kualitas kinerja guru (2) bentuk kegiatan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari memberikan penghargaan kepada guru menetapkan job description untuk guru menciptakan keakraban dengan guru memberikan motivasi kepada guru memberikan pelatihan kepada guru (3) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari faktor pendukung yaitu memiliki guru yang relatif muda memiliki fasilitas yang mumpuni memiliki finansial tercukupi memiliki jaringan yayasan yang kuat. Sedangkan faktor penghambat yaitu minimnya alokasi waktu. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan bagi (1) Ketua yayasan diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai pedoman dalam mengembangkan Yayasan Tazkia IIBS Malang dan perbaikan yang akan datang (2) Kepala sekolah diharapkan lebih mampu untuk mengidentifikasi masalah terkait dengan kedisiplinan guru. Jika guru ada masalah kepala sekolah dapat membantu secara personal. Jika masalah berkaitan dengan pembelajaran kepala sekolah dapat membantu pada saat rapat guru mata pelajaran. Kepala Sekolah diharapkan mampu memberi lebih penghargaan yang diberikan berupa uang saku/bonus dari kepala sekolah kepada guru juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan kinerja guru. Selain memancing guru agar semangat guru juga merasa diperhatikan oleh kepala sekolah (3) Para guru diharapkan dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas kinerja kualitas proses penyelenggaraan pendidikan yang akan datang (4) Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber rujukan atau bahan referensi untuk melakukan penelitian terkait strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat menggali lebih dalam tentang strategi kepala sekolah kepemimpinan dan kinerja guru. Judul yang dapat menjadi pertimbangan dalam melanjutkan penelitian ini yaitu mengenai kepemimpian kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |