Ferdiana, Juan (2020) Strategi pemasaran sekolah swasta dalam membangun citra positif masyarakat (studi kasus di SD Insan Amanah) / Juan Ferdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Strategi pemasaran adalah sebuah rencana yang menyeluruh terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan arahan tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh produsen kepada konsumen untuk mendapatkan sebuah tujuan dibidang pemasaran. Gambaran tentang strategi pemasaran secara luas adalah sebuah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan menentukan harga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan para konsumen. Fokus penelitian yaitu (1) upaya sekolah swasta dalam membangun citra positif masyarakat (2) bentuk pemasaran sekolah swasta dalam membangun citra positif masyarakat (3) faktor pendukung dalam strategi sekolah swasta dalam membangun citra positif masyarakat (4) kendala dan solusi terhadap strategi sekolah swasta dala membangun citra positif masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dan peneliti sebagai pengumpul data. Pengumpulan data dilakukan dengan tenik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik menjodohkan pola. Teknik pengecekkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Upaya Kepala Sekolah dalam membangun citra positif masyarakat ialah dengan berbagai cara yaitu (a) melalui beberapa program baru yang inovatif diantaranya dengan menerapkan program pendidikan anti bully program sekolah orang tua (b) upaya selanjutnya yang kedua melalui program kegiatan literasai membaca Al-Quran yang diadakan setiap hari di sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT (c) program ekskursi yaitu program studi banding keluar Negeri diantaranya Malaysia Singapura dan Australia. Program studi eksursi ini adalah untuk belajar kebudayaan serta melihat dari segi sistem pendidikan yang ada di Singleton Primary School Perth Australia yang nantinya diterapkan di sistem pendidikan di SD Insan Amanah (d) melalui prestasi yang didapat dari sekolah peserta didik dan Kepala Sekolah serta guru yang ada di SD Insan Amanah. (2) Bentuk pemasaran sekolah swasta dalam membangun citra positif melalui berbagai cara yaitu dengan penggunaan brosur yang menarik sepanduk radio buku profil serta melalui website sekolah dan berbagai media sosial seperti youtube sekolah instagram facebook sehingga lebih mudah untuk mengetahui informasi sekolah. Selanjutnya melalui hasil karya inovasi dari siswa dan para guru beserta kepala sekolah dalam bentuk karya berupa smart trash bin yaitu alat tempat sampah pintar. (3) Faktor pendukung strategi sekolah SD Insan Amanah dibagi menjadi dua faktor yaitu faktor dari dalam sekolah dan dari luar sekolah. Faktor pendukung dari dalam sekolah adalah kepala sekolah para guru staf sekolah dan siswa-siswi SD Insan Amanah. Bentuk faktor pendukungnya berupa prestasi yang didapatkan oleh siswa-siswi Kepala Sekolah dan juga para guru. Faktor pendukung dari luar sekolah yaitu dari beberapa instansi yang terkait seperti dari diknas lembaga-lembaga swasta yang terkait seperti Bimbel sekolah-sekolah lain baik Negeri ataupun swsata dan lembaga kepemerintahan. (4) Kendala serta solusi terhadap strategi sekolah yaitu ketersediaan waktu antara orang tua dan instansi yang terkait sehingga terjadi perubahan jadwal diawal. Untuk solusi yang harus dilakukan adalah menyesuaikan waktu antara orang tua ataupun instansi yang terkait dan menjadwalkan kembali pertemuan antara sekolah dan instansi. Saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian yaitu (1) bagi kepala sekolah SD Insan Amanah Malang. Kepala sekolah harus lebih menjalin kedekatan kerjasama dengan orang tua masyarakat serta lembaga pendidikan lain yang terkait serta harus mengutamakan kepuasan konsumen. Sehingga dapat menimbulkan citra positif yang baik di masyarakat. (2) bagi guru SD Insan Amanah Malang. Guru harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dan dituntut untuk mengkreasikan berbagai cara dalam proses pembelajaran bagi siswa serta harus memberikan motivasi belajar bagi siswa (3) bagi Peserta didik SD Insan Amanah Malang. Penelitian ini agar dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan prestasi belajarnya baik dari prestasi akademik dan non-akademik. Sehingga dapat meraih lebih banyak prestasi yang didapatkan agar masyarakat luar mengetahui bahwa SD Insan Amanah adalah sekolah yang berkualitas dan mempunyai citra positif yang baik di masyarakat (4) bagi peneliti lain. dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan fenomena lain yang belum diteliti dalam penelitian ini atau membuat penelitian yang relevan dengan penelitian ini di sekolah swasta lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140595 |
Actions (login required)
View Item |