Pengaruh pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembeljaran di SMA Negeri Kota Malang / Mutiara Ayu Pujaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembeljaran di SMA Negeri Kota Malang / Mutiara Ayu Pujaningsih

Pujaningsih, Mutiara Ayu (2020) Pengaruh pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembeljaran di SMA Negeri Kota Malang / Mutiara Ayu Pujaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pujaningsih Mutiara Ayu. 2020. Pengaruh Pengelolaan Layanan Khusus dan Motivasi Belajar terhadap Partisipasi Peserta Didik dalam Pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Burhanuddin M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Agus Timan M.Pd Kata Kunci pengelolaan layanan khusus motivasi belajar partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Pengelolaan layanan khusus sekolah merupakan salah satu substansi ekstensi dalam manajemen pendidikan yang ditetapkan dan diorganisasikan untuk dapat memenuhi kebutuhan khusus peserta didik di sekolah. Layanan khusus harus diselenggarakan dengan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Mengingat bahwa kondisi peserta didik yang berada pada lingkungan sekolah sangat beragam sehingga kebutuhan peserta didik dalam mengembangkan dirinya juga sangat beragam pula. Jika sekolah dapat menyediakan seluruh kebutuhan peserta didik akan menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik. Hal tersebut dapat diimplementasikan oleh peserta didik dalam proses pembelajarannya di kelas seperti keaktifannya dalam proses pembelajaran. Keaktifan peserta didik ditunjukkan dengan partisipasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan (1) tingkat pengelolaan layanan khusus di SMA Negeri Kota Malang (2) tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri Kota Malang (3) tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang (4) pengaruh yang signifikan pengelolaan layanan khusus terhadap partisipasi peserta didik di SMA Negeri Kota Malang (5) pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang (6) pengaruh secara simultan pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian berbasis kuantitatif model analisis jalur (path analysis). Variabel penelitian ini adalah pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI dan pengelola layanan khusus SMA Negeri Kota Malang yang kemudian dilakukan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 352 orang responden peserta didik dan 70 pengelola layanan khusus. Untuk teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner/angket yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut (1) tingkat pengelolaan layanan khusus di SMA Negeri Kota Malang berada pada kategori cukup baik (2) tingkat motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri Kota Malang berada pada kategori cukup tinggi (3) tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang berada pada kategori cukup tinggi (4) secara parsial terdapat pengaruh secara tidak langsung dan signifikan pengelolaan layanan khusus terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang (5) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang (6) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan layanan khusus dan motivasi belajar terhadap partisipasi peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri Kota Malang. Peningkatan faktor variabel pengelolaan layanan khusus yang maksimal dan motivasi belajar peserta didik yang tinggi akan meningkatkan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran Saran dari penelitian ini ditujukan pada (1) Mengingat tingkat pengelolaan layanan khusus di SMA Negeri Kota Malang masih dalam kategori cukup baik sebaiknya Kepala Sekolah dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada masing-masing pengelola layanan khusus di SMA Negeri Kota Malang terkait peningkatan pengelolaan layanan khusus di sekolah dari berbagai aspek seperti dari segi perencanaan pengorganisasian pelaksananaan hingga pengawasan (2) Pengelola Layanan Khusus SMA Negeri di Kota Malang dapat menggunakan hasil penelitian sebagai informasi untuk memperbaiki proses pengelolaan layanan khusus sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah serta memenuhi kebutuhan peserta didik untuk menunjang proses pembelajaran secara maksimal (3) bagi Mahasiswa Administrasi Pendidikan agar bisa menjadi ilmu pengetahuan tambahan (4) dan bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda atau menggunakan sampel dari sekolah dan jenjang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140593

Actions (login required)

View Item View Item