Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran di sekolah (studi multi kasus di SDN Kauman 1 dan MIN 1 Malang) / Adhita Noor Miroj - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran di sekolah (studi multi kasus di SDN Kauman 1 dan MIN 1 Malang) / Adhita Noor Miroj

Miroj, Adhita Noor (2020) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran di sekolah (studi multi kasus di SDN Kauman 1 dan MIN 1 Malang) / Adhita Noor Miroj. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh Stronge pada tahun 1988 (Direktorat Tenaga Pendidikan.2010) menunjukkan bahwa dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah hanya 10 persen yang dialokasikan untuk kepemimpinan pembelajaran. Sampai sekarangpun banyak kepala sekolah yang masih menyeimbangkan perannya sebagai manager administrator supervisor dan instructiaonal leader (kepemimpinan pembelajaran). Fokus penelitian ini meliputi (1) Sifat-sifat kepala sekolah mengenai kepemimpinan pembelajaran dalam mengelola pembelajaran sekolah (2) Strategi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran sekolah dan (3) Kinerja kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi kasus teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Keabsahan data dilakukan dengan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Dari hasil penelitian tentang kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam mengelola pembelajaran sekolah ditemukan bahwa (1) sifat-sifat positif tersebut yang ditampilkan oleh sosok kepala sekolah antara lain teladan demokratis bijaksana (tactfull) tegas tangguh inovatif (innovative) rendah hati disiplin bekerja sama (collaborative) dan tanggung jawab (2) kepala sekolah juga membuat strategi-strategi untuk dapat merealisasikan ketercapaian visi dan misi yang sudah disusun dan (3) kinerja kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dengan mengakomodir semua kemampuan secara personal dan strategi-strataegi yang dibuat untuk meningkatkan hasil belajar para peserta didik itu sendiri. Kepala sekolah melakukan sosialisasi visi dan misi tersebut kepada seluruh warga sekolah. Selanjutnya kepala sekolah juga mengejawantahkan visi dan misi sekolah ke dalam program-program sekolah yang berkesinambungan. Kepala sekolah melakukan penyusunan program-program perencanaan pengembangan dan peningkatan profesionalisme tenaga pendidik melaksanakan dan mengikutsertakan tenaga pendidik dalam program-program pengembangan dan peningkatan lain di luar program yang sudah direncanakan sekolah membentuk forum diskusi tenaga pendidik melalui tim KKG mata pelajaran internal di sekolah memberikan contoh dan tauladan yang baik dalam kehidupan profesionalitas di sekolah maupun dalam bersikap dikesehariannya melaksanakan program supervisi pembelajaran kepada tenaga pendidik Kepala sekolah pembudayaan dalam memberikan contoh dan teladan baik ketika mengajar selalu menjaga komunikasi dan koordinasi dengan tenaga pendidik baik secara formal ataupun informal dan membangun kedekatan dengan tenaga pendidik agar tidak menciptakan jarak struktural tenaga pendidik. Sehingga dengan dilakukannya semua strategi tersebut nantinya dapat menghasilkan peningkatan kemampuan dari peserta didik dalam melalui proses-proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140592

Actions (login required)

View Item View Item