Analisis kebutuhan guru SMA Bahasa Indonesia di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017 / Viska Sasmitha - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan guru SMA Bahasa Indonesia di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017 / Viska Sasmitha

Sasmitha, Viska (2020) Analisis kebutuhan guru SMA Bahasa Indonesia di Kabupaten Tuban tahun 2013-2017 / Viska Sasmitha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmitha Viska. 2020. Analisis Kebutuhan Guru Sma Bahasa Indonesia Di Kabupaten Tuban Tahun 2013-2017. Skripsi Jurusan S1 Adminisrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Dr. Asep Sunandar S.Pd M.AP Pembimbing II Dr. Juharyanto M.M. M.Pd. Kata Kunci Analisis Kebutuhan Guru SMA Proyeksi Kebutuhan Guru Peserta Didik Baru Pendidikan merupakan komponen penting dalam upaya membentuk sumber daya manusia berkualitas guna menghadapi perkembangan jaman yang semakin pesat dengan segala permasalahan yang beragam. Pendidikan juga dapat diartikan sebagai proses belajar dan mendayagunakan segala kemampuan yang ada dalam mencapai tujuan. Tujuan penyelenggaraan pendidikan akan tercapai jika didukung dengan ketersediaan dana pendidikan sarana dan prasarana serta tenaga pendidik atau guru. Di Kabupaten Tuban masih terdapat guru yang harus mengajar mata pelajaran di luar disiplin ilmunya. Kedua kurang meratanya penempatan guru di Kabupaten Tuban. Untuk sebagian mata pelajaran pada dasarnya kebutuhan guru telah terpenuhi namun karena penempatan guru yang tidak merata mengakibatkan terjadinya kelebihan guru di suatu sekolah dan terjadi kekurangan bahkan kekosongan di sekolah lainnya. Berangkat dari beberapa alasan pentingnya proyeksi kebutuhan guru di atas kajian tentang proyeksi kebutuhan guru perlu memperhatikan kondisi eksisting kondisi ideal dan kondisi proyeksi kebutuhan Sumber Daya Manusia Pendidikan (SDMP) di Kabupaten Tuban. Dengan demikian masalah kebutuhan guru perlu diproyeksikan untuk mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan di setiap satuan pendidikan (SMP SMA dan SMK) di Kabupaten Tuban. Rancangan penelitian pada dasarnya merupakan cara untuk memperoleh data yang valid dan sesuai dengan tujuan penelitian yang akan dilakukan serta dapat dijadikan sebagai pedoman oleh peneliti. Jika ditinjau dari masalah dan tujuannya maka penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kuantitatif yang bersifat proyeksi berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil data empirik. Sumber data dalam penelitian kuantitatif yang digunakan berasal dari data dokumen di BPS Kabupaten Tuban dan Disdikpora Kabupaten Tuban mulai tahun 2010-2014 yang dijadikan sebagai dasar dalam penentuan proyeksi di masa yang akan datang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan menyalin dokumen yang ada di BPS Kabupaten Tuban dan Disdikpora Kabupaten Tuban. Data yang diperoleh berasal dari dokumen yang memiliki jenis data sekunder. Hasil analisis perbandingan antara jumlah guru yang memiliki status PNS dengan peserta didik dapat diperoleh hasil yaitu sebesar 1 30 jadi dapat diartikan bahwa setiap guru yang memiliki status PNS memiliki beban atau tanggungjawab mengajar sebanyak 30 perserta didik. Apabila ditinjau dari keseluruhan jumlah guru kelas maka dapat diketahui bahwa tingkat rasio sebesar 1 20. perbandingan antara jumlah guru yang memiliki status PNS dengan jumlah rombel yaitu sebesar 1 3 jadi dapat diartikan bahwa setiap guru yang memiliki status PNS memiliki beban atau tanggungjawab terhadap 3 rombel yang terdapat disekolah sebanyak 3 rombel. Berdasarkan hasil perhitungan proyeksi peserta didik baru pada tahun 2018 sampai 2022 maka dapat diketahui bahwa maka penambahan jumlah peserta didik baru mengalami peningkatan sebesar 4 71%. Maka hasil analisis dapat diketahui bahwa jumlah kekurangan guru yang harus dipenuhi dimana pemenuhan jumlah kekurangan guru tersebut dapat ditetapkan jumlah guru yang didasarkan dari jumlah rombel yang ditetapkan yaitu berkisar antara 64 sampai 84 guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140591

Actions (login required)

View Item View Item