Fasilitas pembelajaran sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al-Falah Kota Batu / Selly Jesika Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Fasilitas pembelajaran sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al-Falah Kota Batu / Selly Jesika Rahmawati

Rahmawati, Selly Jesika (2020) Fasilitas pembelajaran sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al-Falah Kota Batu / Selly Jesika Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fasilitas pembelajaran adalah perlengkapan belajar yang langsung maupun tidak langsung digunakan guru untuk memudahkan melancarkan dan menunjang kegiatan proses belajar dan mengajar. Secara umum tujuan pengelolaan fasilitas pembelajaran adalah untuk mewujudkan dan memfasilitasi perkembangan anak secara maksimal sesuai dengan kebutuhan intelektual fisik-motorik sosio-emosi anak serta untuk menghilangkan berbagai hambatan yang akan mengganggu perkembangan dan efektivitas belajar anak. Tujuan penelitian ini antara lain (1) mendeskripsikan fasilitas pembelajaran di TK Al- Falah Kota Batu (2) mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al- Falah Kota Batu (3) mendeskripsikan pemanfaatan fasilitas pembelajaran sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al- Falah Kota Batu (4) mendeskripsikan hambatan dan solusi yang dilakukan dalam pemanfaatan fasilitas pembelajaran sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan di TK Al- Falah Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi ketua yayasan kepala TK koordinator sarana dan prasarana humas wali kelas calon wali murid TK A wali murid TK B dan masyarakat umum. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui uji kredibilitas terdiri atas triangulasi pengecekan anggota meningkatkan ketekunan serta kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian diketahui (1) TK Al- Falah Kota Batu mengembangkan dua jenis fasilitas pembelajaran yaitu fasilitas pembelajaran dalam ruang (indoor) dan fasilitas pembelajaran luar ruang (outdoor). Fasilitas pembelajaran dalam kelas (indoor) di TK Al- Falah Kota Batu terdiri atas lima sentra yaitu sentra persiapan sentra eksplorasi sentra seni sentra pembangunan sentra bermain peran dan kelas pesawat. Sedangkan fasilitas pembelajaran luar kelas (outdoor) terdiri atas area peternakan area kebun area kolam dan area playground. (2) strategi pemasaran jasa pendidikan yang digunakan oleh TK Al- Falah Kota Batu melalui beberapa cara yang disebut konsep bauran pemasaran jasa pendidikan (marketing mix) biasa disebut juga konsep 7P antara lain (a) keberadaan tempat/place (b) promosi/ promotion (c) orang/people (d) proses/process (e) produk/product (f) biaya/price (g) bukti fisik/proof. (3) fasilitas pembelajaran yang digunakan sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan berupa kelas pesawat merupakan salah satu strategi bersaing sekolah lebih tepatnya strategi inovasi pendidikan. Fasilitas pembelajaran yang digunakan sebagai strategi pemasaran jasa pendidikan memiliki kedudukan yang berbeda dengan sekolah pesaingnya. Hal tersebut dapat digunakan sebagai daya saing sebagai unjuk kerja dari kemampuan bersaing jangka panjang untuk memberikan nilai bagi pihak-pihak yang berkaitan secara berkelanjutan. (4) faktor penghambat yang pertama masyarakat beranggapan bahwa pendidikan di TK Al- Falah Kota Batu mahal sebab fasilitas memadai ditambah terdapat fasilitas kelas pesawat dan kurikulumnya bagus. Solusi dari masalah tersebut sekolah memberikan potongan harga bagi peserta didik yang kembar atau kakak beradik yang sama-sama sekolah di TK Al- Falah Kota Batu. Hambatan yang kedua yaitu masyarakat yang mampu secara financial dan mengakui keunggulan TK Al- Falah Kota Batu namun terkadang masyarakat merasa letak yang terlalu jauh. Hal tersebut sekolah mengambil solusi dengan menyediakan dua buah mobil bagi peserta didik dengan saat ini zona paling jauh di Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Saran penelitian ini yaitu bagi (1) Ketua Yayasan TK Al- Falah Kota Batu diharapkan semakin aktif mengadakan event terkait penggunaan fasilitas kelas pesawat khususnya melibatkan peserta didik dari sekolah lain (2) Kepala TK Al- Falah Kota Batu diharapkan bisa mengusung tema pembelajaran yang variatif agar kelas pesawat bisa digunakan secara maksimal (3) Kepala TK lain diharapkan melalui penelitian ini sekolah lain dapat mengembangkan inovasi pendidikannya (4) Guru TK Al- Falah Kota Batu diharapkan guru di TK Al- Falah Kota Batu melaksanakan pembelajaran yang maksimal sesuai arahan kepala TK dan dapat menerapkan IT dalam aspek pembelajaran agar pengetahuan yang disampaikan kepada peserta didik mengikuti perkembangan masa kini (5) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi/literatur bagi Jurusan Administrasi Pendidikan dalam rangka pengembangan ilmu kependidikan (6) Peneliti lain diharapkan hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan rujukan untuk menambah wawasan maupun melanjutkan penelitian pada aspek yang sama di sekolah-sekolah lain yang memiliki strategi pemasaran jasa pendidikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140589

Actions (login required)

View Item View Item