strategi kepala madrasah membangun karakter religius peserta didik melalui madrasah diniah kalangan remaja / ana rohmatul hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

strategi kepala madrasah membangun karakter religius peserta didik melalui madrasah diniah kalangan remaja / ana rohmatul hasanah

Hasanah, Ana Rohmatul Hasanah (2021) strategi kepala madrasah membangun karakter religius peserta didik melalui madrasah diniah kalangan remaja / ana rohmatul hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Madrasah menerapkan nilai karakter religius sebagai nilai karakter utama hal tersebut penting dilakukan karena peserta didik akan mampu menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju seperti perkembangan teknologi yang semakin pesat masuknya budaya asing yang dapat menggerus norma-norma nilai di masyarakat dan pergaulan bebas dimana-mana yang dapat menyebabkan degradasi moral pada peserta didik. Pelaksanaan pendidikan karakter religius penting di madrasah karena bentuk realisasi dari slogan madrasah sebagai rdquo kampus syar rsquo i rdquo dan juga visi madrasah. Peserta didik diharapkan juga memiliki perilaku baik dan buruk sesuai dengan ketentuan dan ketetapan yang berlaku di masyarakat. Penerapan karakter religius di madrasah dilakukan melalui strategi program pembiasaan religius. Program tersebut adalah rdquo Madikarama rdquo yaitu suatu program unggulan madrasah yang disedikan sebagai wadah bagi peserta didik yang memiliki kemampuan agama masih kurang. Strategi tersebut dilakukan kepala madrasah dengan tujuan untuk membangun karakter religius peserta didik di lingkungan madrasah. Ketika madrasah mampu menerapkan nilai karakter religius masyarakat akan percaya untuk menggunakan jasa pendidikan yang ditawarkan oleh madrasah. Hal tersebut juga dapat dikatakan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala madrasah melalui program rdquo Madikarama rdquo berhasil. Apabila peserta didik mampu memahami makna dari nilai karakter religius ini maka peserta didik akan mampu memaknai nilai karakter lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk program rdquo Madikarama rdquo sebagai upaya membangun karakter religius di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (2) tahapan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (3) pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (4) faktor penghambat dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (5) upaya mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (6) faktor penunjang dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar (7) upaya memberdayakan faktor penunjang dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar dan (8) dampak rdquo Madikarama rdquo terhadap karakter religius peserta didik di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif jenis rancangannya studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Informan peneliti terdiri dari kepala madrasah koordinator rdquo Madikarama rdquo pembina rdquo Madikarama rdquo waka kesiswaan wali kelas orang tua peserta didik dan peserta didik. Peneliti melakukan penelitian dengan datang langsung di MA Ma rsquo arif Udanawu Blitar sehingga peneliti memperoleh hasil mengenai strategi membangun karakter religius peserta didik melalui rdquo Madikarama rdquo . Kemudian melakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi terkait temuan hasil wawancara observasi dokumentasi informan dan kecukupan bahan referensi. Proses analisis data menggunakan reduksi data display data dan verifikasi data/kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan simpulan penelitian ini adalah (1) bentuk program rdquo Madikarama rdquo sebagai upaya membangun karakter religius peserta didik latar belakang program yang merupakan program unggulan dalam rangka mewujudkan visi dengan selalu melakukan pembiasaan-pembiasaan religius (2) tahapan rdquo Madikarama rdquo yang dimulai dari tahap pemetaan sosialisasi pembentukan tim rdquo Madikarama rdquo menyusun jadwal pelaksanaan dan evaluasi (3) pihak-pihak yang telibat dalam pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo mulai dari pimpinan kepala madrasah waka kesiswaan tim koordinator rdquo Madikarama rdquo pembina rdquo Madikarama rdquo wali kelas orang tua peserta didik dan peserta didik (4) faktor penghambat pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo dari pihak internal adalah peserta didik itu sendiri dan dari pihak eksternal orang tua peserta didik (5) upaya mengatasi faktor penghambat adalah melakukan komunikasi dengan peserta didik dan orang tua melalui sosialiasi memberikan poin hukuman dan pemanggilan orang tua (6) faktor penunjang pelaksanaan rdquo Madikarama rdquo dari segi SDM yang mumpuni dan non SDM dari segi sarana dan prasarana yang memadai (7) upaya pemberdayaan faktor penunjang dari segi SDM adalah dengan pemberian reward dan motivasi sedangkan dari segi non SDM adalah dengan memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada dan (8) dampak rdquo Madikarama rdquo terhadap karakter religius peserta didik adalah menghasilkan output yang memiliki kamampuan agama lebih dibanding sekolah lain terwujudnya visi dan memunculkan nilai karakter lain seperti disiplin dan tanggung jawab. Berdasarkan simpulan penelitian maka disarankan kepada (1) Kepala Madrasah Aliyah Ma rsquo arif Udanawu Blitar disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evalusi dan untuk selalu menyempurnakan program rdquo Madikarama rdquo agar program terlaksana dengan baik (2) Tim koordinator rdquo Madikarama rdquo diharapkan untuk selalu melakukan evaluasi dan menyempurnakan program pada saat rapat pimpinan agar program rdquo Madikarama rdquo dapat berjalan lancar dan menarik minat peserta didik (3) Pembina rdquo Madikarama rdquo diharapkan selalu menjalin komunikasi dengan peserta didik wali kelas dan orang tua peserta didik untuk menyukseskan keberhasilan program rdquo Madikarama rdquo (4) Peserta didik diharapkan untuk selalu mengikuti program rdquo Madikarama rdquo agar mereka bisa meningkatkan kemampuan agamanya yang masih kurang (5) Peneliti lain disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi atau bahan pertimbangan peneliti lain untuk melanjutkan penelitian tentang karakter religius dari berbagai aspek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140586

Actions (login required)

View Item View Item