Firdaus, Fillyana Firdaus (2021) pengaruh kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar peserta didik madrasah aliyah dan sma se kecamatan sidayu gresik / fillyana firdaus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepemimpinan pembelajaran merupakan salah satu posisi yang sangat penting dalam proses pendidikan di sekolah. Karena kepemimpinan pembelajaran merupan fungsi kepemimpinan kepala sekolah atau madrasah dalam mempengaruhi membimbing memotivasi mengarahkan dan juga menggerakkan pihak internal sekolah dan pihak lain yang terlibat untuk bekerja atau bertindak guna mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Kepemimpinan pembelajaran juga merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kinerja guru sehingga setiap peningkatan kualitas kepemimpinan pembelajaran maka kualitas kinerja mengajar guru juga akan meningkat. Guru yang memiliki kinerja yang baik akan mampu menumbuhkan semangat dan juga motivasi belajar peserta didik yang lebih baik dan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik juga akan baik karena keberhasilan belajar seorang peserta didik ditentukan oleh motivasi yang dimiliki sendiri oleh peserta didik tersebut. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja mengajar guru (2) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar peserta didik (3) pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan predictive correlational design. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian adalah questionnaire atau berupa daftar pertanyaan tertutup. Populasi yang dipilih adalah guru MA dan SMA se Kecamatan Sidayu dan peserta didik MA dan SMA se Kecamatan Sidayu. Dari 272 guru dipilih untuk dijadikan sampel yaitu 164 guru dengan menggunakan teknik quota sampling dan juga random sampling. Untuk peserta didik dari 1931 peserta didik dipilih 194 peserta didik untuk dijadikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data maka mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan pembelajaran dengan kinerja mengajar guru di MA dan SMA se Kecamatan Sidayu (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja mengajar guru dengan motivasi belajar peserta didik di MA dan SMA se Kecamatan Sidayu dan (3) hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan pembelajaran dan kinerja mengajar guru terhadap motivasi belajar peserta didik yang didukung oleh koefesien R Squere sebesar 0 090. Saran dari penelitian ini diajukan pada (1) Kepala MA dan SMA se kecamatan sidayu dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan untuk meningkatkan efektivitas kepemimpinan pembelajaran di sekolah dengan menciptakan lingkungan kerja yang produktif sehingga anggota di sekolah merasa senang (2) Guru MA dan SMA se Kecamatan Sidayu sebaiknya lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengajar dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan guru seperti pelatihan maupun seminar dan (3) peneliti lain dapat mempertimbangkan hasil temuan ini sebagai referensi untuk belajar dan juga melakukan penelitian yang sejenis namun dengan memanfaatkan jenis data dan fokus variabel yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140584 |
Actions (login required)
View Item |