peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan tripusat pendidikan (studi kasus di sekolah menengah atas panjura kota malang) / nasrika - Repositori Universitas Negeri Malang

peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan tripusat pendidikan (studi kasus di sekolah menengah atas panjura kota malang) / nasrika

Nasrika (2021) peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan tripusat pendidikan (studi kasus di sekolah menengah atas panjura kota malang) / nasrika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan pendidikan yang terorganisasi secara sistematis serta dirancang untuk dapat mencapai tujuan pendidikan. Sekolah merupakan wadah bagi setiap peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimiliki agar dapat maksimal dikembangkan. Lingkungan sekolah juga merupakan tempat bagi anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya. Tidak terkecuali untuk dapat melaksanakan penguatan pendidikan karakter bagi peserta didik lingkungan sekolah sangat cocok sebagai tempat untuk memberikan pendidikan karakter. Pendidikan karakter sendiri tidak dapat hanya dilakukan di sekolah tanpa melibatkan lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Penelitian ini membahas terkait dengan peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan peran tripusat pendidikan di SMA Panjura Malang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui peran kepala sekolah dalam memaksimalkan penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan peran tripusat pendidikan sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Pendidikan karakter tidak dapat terlepas dari peran lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sehingga peran dari ketiga lingkungan saling berkaitan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Informan kunci dari penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Panjura. Selain kepala sekolah sebagai informan juga terdapat beberapa informan yang meliputi guru peserta didik dan orang tua wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi dan pengecekan anggota. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan peran tripusat pendidikan dengan hasil sebagai berikut (1) Penguatan pendidikan karakter di SMA Panjura Malang dilaksanakan dengan satu konsep yang unik yaitu dengan menjunjung tinggi kejujuran serta menerapkan konsep self discipline. Cara yang dilakukan tersebut tidak terlepas dari peran kepala sekolah yang memberikan pengaruh dalam keberhasilan. Kepala sekolah memiliki peran yang mendukung kelancaran kegiatan penguatan pendidikan karakter di sekolah. Kepala sekolah juga menjadi pelaksana konsep self discipline yang diterapkan di sekolah. Sebagai seorang kepala sekolah yang menjadi contoh bagi guru peserta didik serta tenaga kependidikan memiliki peran yang cukup memberikan dampak bagi terbentuknya keberhasilan pendidikan karakter di sekolah. Kepala sekolah memberikan pengarahan pada peserta didik memberikan bimbingan bagi guru dan melaksanakan pertemuan dengan orang tua peserta didik (2) Pelibatan peran dari orang tua peserta didik juga memberikan dampak bagi keberhasilan penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah. Orang tua sebagai lingkungan pertama peserta didik dalam memperoleh pemahaman terkait dengan nilai dan norma tentunya memiliki pengaruh yang besar bagi pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu sekolah selalu melakukan komunikasi dengan orang tua peserta didik untuk melaksanakan kontrol pada peserta didik. Selain itu juga komunikasi tersebut dilakukan untuk dapat memaksimalkan perkembangan peserta didik serta memperoleh informasi terkait dengan perkembangan peserta didik baik di sekolah maupun di rumah. Sekolah juga melibatkan peran serta dari masyarakat untuk ikut berperan aktif dengan memberikan ruang untuk melaksanakan sosialisasi pada peserta didik dan (3) pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Panjura dilaksanakan dengan tujuan agar peserta didik memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan harapan dari masyarakat. Peserta didik dipersiapkan untuk menjadi bagian dari masyarakat yang harus siap untuk berbaur dengan menjunjung tinggi nilai dan norma yang berlaku. Sehingga dengan alasan tersebut dilaksanakan konsep yang dapat membiasakan peserta didik untuk senantiasa berperilaku sesuai dengan nilai dan norma. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui peran kepala sekolah dalam memaksimalkan penguatan pendidikan karakter di sekolah dengan melibatkan peran tripusat pendidikan sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti memberi saran untuk dapat terus mempertahankan budaya yang ada di sekolah sebagai bagian dari penguatan pendidikan karakter serta mengambangkan berbagai bentuk kegiatan yang dapat mendukung penguatan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140583

Actions (login required)

View Item View Item