Hubungan kompetensi dan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik smp negeri di kecamatan nganjuk pada masa pandemi covid-19 / Riska Febrianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompetensi dan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik smp negeri di kecamatan nganjuk pada masa pandemi covid-19 / Riska Febrianti

Febrianti, Riska Febrianti (2021) Hubungan kompetensi dan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik smp negeri di kecamatan nganjuk pada masa pandemi covid-19 / Riska Febrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan pembelajaran peserta didik yang dilakukan secara daring maupun luring. Adanya perubahan pembelajaran tatap muka menjadi virtual memiliki problematika salah satunya yaitu peserta didik maupun guru belum bisa menggunakan teknologi digital dalam pembelajaran online. Guru sebagai pendidik dituntut untuk tetap melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu guru perlu memiliki kompetensi dan kinerja yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kompetensi guru SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19 (2) untuk mengetahui kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19 (3) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19 (4) untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19 (5) untuk mengetahui hubungan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19 (6) untuk mengetahui hubungan kompetensi dan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskripsi korelasional. Variabel penelitian ini yaitu X1 (kompetensi guru) X2 (kinerja guru) dan Y (hasil belajar peserta didik). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran di SMP Negeri Kecamatan Nganjuk yang berjumlah 224. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan proportional random sampling dimana semua anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel diperoleh sampel penelitian sebanyak 144 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket penelitian. Validitas instrumen diuji dengan expert judgement dan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Selanjutnya analisis data dilakukan menggunakan korelasi berganda sementara uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) kompetensi yang dimiliki guru meliputi kompetensi pedagogik kompetensi profesional kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian memiliki kategori tinggi (2) kinerja yang miliki guru mulai dari perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran memiliki kategori tinggi (3) hasil belajar peserta didik memiliki kategori sedang (4) ada hubungan positif dan signifikan kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik (5) ada hubungan positif dan signifikan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik dan (6) ada hubungan positif dan signifikan kompetensi dan kinerja guru dengan hasil belajar peserta didik SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk pada masa pandemi Covid-19. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk untuk melakukan pengawasan dan memberikan pelatihan agar sekolah mampu mewujudkan tujuan pendidikan secara efektif dan efisien (2) Kepala SMP Negeri di Kecamatan Nganjuk diharapkan dapat memberikan arahan dan pendampingan kepada guru agar mempertahankan kompetensi dan kinerja yang dimiliki serta memberikan pelatihan dan wawasan tentang pembelajaran daring lebih lanjut (3) Guru SMP Negeri di Kecamaran Nganjuk agar tetap mempertahankan kompetensi dan kinerja serta meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran online dan (4) Peneliti lain disarankan untuk meneliti jenjang sekolah yang lebih tinggi dan menggunakan variabel lain seperti motivasi diri terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140579

Actions (login required)

View Item View Item