Nurtikasari, Fitri (2020) Manajemen layanan khusus kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt di SMK PGRI 2 Kediri / Fitri Nurtikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Layanan kafetaria sekolah merupakan salah satu jenis layanan khusus yang dapat digunakan sebagai sarana penunjang dan mempunyai peranan penting dalam mendukung kegiatan peserta didik di sekolah. Di sekolah peserta didik menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan materi pembelajaran oleh sebab itu peserta didik memerlukan makanan yang sehat dan bergizi agar dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas Mengingat pentingnya peranan layanan kafetaria bagi peserta didik untuk mendukung kegiatan pembelajaran pihak sekolah berhati hati dalam menentukan jenis makanan dan minuman yang akan disajikan agar tidak menghambat konsentrasi peserta didik dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan layanan kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt pengorganisasian layanan sekolah dengan sistem foodcourt pelaksanaan layanan kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt dan pengawasan layanan kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian yang berupa perilaku kebiasaan dan persepsi kegiatan yang dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus yaitu kasus yang dipilih mempunyai fakta/ peritiwa yang dianggap unik dan tidak dimiliki oleh kasus lain oleh karena itu peneliti menyelidiki kasus secara instensif kemudian mendeskripsikannya agar hasil temuan diketahui oleh pihak terkait sebagai informasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber triangulasi teknik dan pengecekan anggota. Penelitian ini menggunakan analisis data tunggal dengan tahapan dimulai dari proses pengumpulan data mereduksi data penyajian data (data display) verikasi data dan menarik kesimpulan Hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti diperoleh 4 hasil temuan penelitian sebagai berikut (1) perencanaan layanan kafetaria dengan sistem foodcourt yang meliputi tujuan pembuatan layanan kafetaria sekolah pihak pihak yang terlibat dalam perencanaan langkah langkah perencanaan layanan kafetaria sekolah (2) pengorganisasian layanan Kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt yaitu menyusun struktur organisasi beserta peran tugas dan tanggungjawab dari masing masing pihak yang terlibat (3) pelaksanaan layanan kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt yang meliputi jam operasional layanan grida food court jenis layanan grida food court proses produksi makanan dan minuman sehat menyediakan makanan dan minuman sehat menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi standar kesehatan (4) pengawasan layanan kafetaria sekolah dengan sistem foodcourt terdapat pengawasan internal sekolah yang dilaksanakan setiap hari dan pengawasan eksternal yang dilaksanakan oleh puskesmas lirboyo secara berkala. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti mempunyai saran antara lain (1) pengelola kafetaria sekolah diharapkan dalam ke depannya dapat lebih baik dalam mengelola kafetaria misalnya dengan membuat informasi nilai gizi di setiap stand makanan (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang laporan keuangan layanan kafetaria sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |