Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun citra di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Kota Malang / Afika Nur Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun citra di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Kota Malang / Afika Nur Jannah

Jannah, Afika Nur (2020) Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam membangun citra di Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Kota Malang / Afika Nur Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pemasaran merupakan pendekatan manajemen yang sangat penting dalam promosi penggunaan jasa pendidikan. Perencanaan strategi yang tepat dapat membantu sekolah dalam memenuhi layanan jasa pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta perkembangan teknologi informasi saat ini. strategi pemasaran adalah suatu cara yang digunakan oleh suatu lembaga untuk melakukan pemasaran.Jasa pendidikan merupakan suatu produk layanan dan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pengguna jasa pendidikan terutama peserta didik. Citra merupakan kesan impresi konsepsi masyarakat dari pengalaman perasan kepercayaan dan pengetahuan terhadap sebuah lembaga pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan (1) gambaran citra SD Islam Mohammad Hatta a) gambaran citra SD Islam Mohammad Hatta dari orang tua b) gambaran citra SD Islam Mohammad Hatta dari siswa c) gambaran citra SD Islam Mohammad Hatta dari masyarakat (2) strategi pemasaran jasa pendidikan untuk citra kepada masyarakat di SD Islam Mohammad Hatta a) strategi pemasaran b) teknik pemasaran c) langkah-langkah yang ditempuh dari setiap teknik yang digunakan d) teknik yang dianggap paling efektif (3) keberhasilan hasil strategi pemasaran untuk citra kepada masyarakat a) teknik evaluasi yang digunakan b) cara menganalisis hasil c) kendala dan solusi pemasaran jasa pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus deskriptif. Dengan informan kunci dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan didukung oleh informan tambahan yaitu waka humas panitia pemasaran sekolah orang tua/ wali murid siswa dan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan serangkaian proses dari pengumpulan data kondensasi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Data penelitian yang diperoleh selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi pengecekan anggota dan perpanjangan waktu pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat kesimpulan hasil penelitian yang meliputi (1) startegi pemasaran jasa pendidikan untuk citra kepada masyarakat di SD Islam Mohammad Hatta (a)strategi yang digunakan sekolah dengan memberikan layanan yang baik dan melalui even untuk mempromosikan sekolah.(b) teknik yang digunakan yaitu melalui media internet (web sekolah facebook instagram ) media cetak (brosur dan banner) maupun testimoni dari mulut ke mulut (face to face). Pelaksanaan teknik pemasaran melibatkan semua sivitas akademik (kepala sekolah guru tenaga kependidikan administrasi sekolah dan siswa) dan pihak luar baik kelompok kelompok strategis maupun tokoh yang berpengaruh dalam pencitraan publik( akademikus dan tokoh rohaniawan). Pelaksanaan teknik pemasaran jasa pendidikan dilakukan setiap waktu dan waktu khusus saat menjelang PSB. Kelebihan melalui media internet adalah sedikit mengeluarkan biaya dan jangkauan pemasaran yang tidak terbatas melalui media cetak adalah mudah dalam pemasaran sekolah karena bertemu langsung dan bisa lebih meyakinkan orang dan melaui media mulut ke mulut adalah lebih mudah meyakinkan orang karena sudah merasakan layanan yang diberikan. kekurangan melaui media internet adalah tidak bisa mengetahui keberhasilan promosi melaui media internet melaui media cetak adalah banyak mengeluarkan biaya melaui mulut ke mulut adalah jangkauan yang terbatas. (c) langkah- langkah yang ditempuh dengan menggunakan fungsi manajemen yaitu perencanaan pelaksanaan dan evaluasi.(d) teknik yang dianggap paling efektif melui face to face / mulut ke mulut 3) gambaran citra yang akan dipaparkan oleh orang tua siswa dan masyarakat yaitu (a) gambaran citra dari orang tua adalah sekolah bermutu bagus fasilitas dan pelayanan yang diberi sudah sesuai yang diharapkan dan biaya yang dikeluarkan sudah sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang diperoleh.(b) gambaran citra dari siswa adalah sangat senang dan bangga bisa sekolah SDI Mohammad Hatta fasilitas dan pelayanan yang diberikan sudah sangat baik dan kelebihan yang diketahui yaitu sekolah berbasis islam sedangkan kekurangannya untuk menambah fasilitas pembelajaran. (c) gambaran citra dari masyarakat adalah sekolah memiliki citra yang baik dengan sekolah berbasis islam dan banyak program unggulan dan mengenai pemasaran yang dilakukan sekolah sudah bisa menarik minat masyarakat. 4) keberhasilan hasil strategi pemasaran untuk citra kepada masyarakat (a) teknik evaluasi yang digunakan adalah menggunakan analisi SWOT. Evaluais dilakukan oleh semua panitia pemasaran sekolah didampingi oleh kepala sekolah dengan melaporkan apa yang sudah dan belum terlaksana serta kendala yang ditemukan dalam implementasi selanjutnya aka nada tindak lanjut dari pemasalahan yang telah dievaluasi.(b) cara menganalisis hasil yaitu ada dua indikator keberhasilan adalah kuantitas dan kualitas. Kuantitas sudah memenuhi kuota calon peserta didik untuk kualitas menerima calon yang berkualitas. Hasil evaluais yang dilakukan menunjukkan bahwa jumlah PD dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. (c) Kendala dalam pemasaran waktu penyebaran brosur ke TK dikira kurang maksimal dan guru yang mempunyai tugas membagi brosur kesulitan membagi waktu karena harus mengajar di kelas. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah membentuk tim kreatif untuk pemasaran dan PSB. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti memberi saran (1) Teoritis yaitu diharapkan untuk pengembangan ilmu Administrasi Pendidikan khususnya manajemen humas mengenai pemasaran sekolah bisa dijadikan sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya (2) Praktis yaitu (a) Kepala SD Islam Mohammad Hatta penelitian ini dapat dijadikan acuan atau bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran untuk meningkatkan citra sekolah kepada masyarakat (b) tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mempertahankan hubungan baik dengan orang tua/ wali murid siswa masyarakat maupun lembaga lain melalui komunikasi yang baik serta pelayanan prima yang diberikan (c) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan yaitu sebagai bahan referensi dalam mengembangkan ilmu manajemen humas khususnya mengenai pemasaran jasa pendidikan (d) Peneliti lain yaitu sebagai referensi mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan untuk citra serta melakukan penelitian pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140570

Actions (login required)

View Item View Item