Pendidikan karakter disiplin peserta didik (studi kasus di smk negeri 1 kediri) / Ramadhanti Dita Nur Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter disiplin peserta didik (studi kasus di smk negeri 1 kediri) / Ramadhanti Dita Nur Safitri

Safitri, Ramadhanti Dita Nur Safitri (0000) Pendidikan karakter disiplin peserta didik (studi kasus di smk negeri 1 kediri) / Ramadhanti Dita Nur Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Safitri R.D.N. 2020. Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M.Pd. (II) Imam Gunawan M.Pd. Kata Kunci pendidikan karakter dan disiplin Pendidikan Karakter merupakan sebuah proses tranformasi untuk mendidik anak-anak menumbuhkan nilai kehidupan dalam mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya di kehidupan sehari-hari sehingga dapat memberikan konstribusi yang positif di dalam lingkungan. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (2) pelaksanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (3) pengawasan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (4) penilaian pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (5) faktor pendorong yang mempengaruhi penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (6) faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri (7) upaya sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri dan (8) peran warga sekolah dalam mendukung penerapan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai yakni studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data diperoleh peneliti dari hasil reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menerapkan ketekunan pengamatan triangulasi dan pengecekan informasi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik SMK Negeri 1 Kediri yang dilaksanakan setiap awal tahun. Dalam perencanaan pendidikan karakter ini melibatkan kepala sekolah waka kesiswaan tim ketahanan guru kelas dan guru BK (2) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin peserta didik di SMK Negeri 1 Kediri meliputi kegiatan yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan pihak TNI dan POLRI memberi tanggung jawab kepada waka kesiswaan waka kesiswaan bekerja sama dengan pihak BK dan guru kelas kegiatan sesuai dengan tata tertib dan pedoman kedisiplinan kegiatan berupa pembinaan yang dilakukan TNI dan POLRI serta tim ketahanan sekolah dan dibantu KOPASUSWA (3) Pengawasan Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK negeri 1 Kediri dilaksanakan setiap hari setiap waktu mulai pagi hari sampai pulang sekolah dan mulai menjadi siswa baru sampai dengan lulus sekolah. Pihak yang terlibat dalam pengawasan ini yakni kepala sekolah waka kesiswaan tim ketahanan BK dan guru. Kegiatan pengawasan yang pertama dilakukan oleh kepala sekolah waka kesiswaan dan dibantu oleh pihak-pihak yang terkait. Dengan melakukan pengwasan secara langsung piket tim ketahanan CCTV dan jurnal guru (4) Penilaian Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kediri memiliki prosedur penilaian yakni penilaian yang dilakukan oleh pihak BK dengan tiga cara yang pertama penilaian secara Refferel atau penilaian yang diperoleh dari laporan pihak yang terkait. Yang kedua penilaian dengan dokumentasi jurnal yakni menganalisis seberapa banyak siswa melanggar peraturan sekolah. Dan yang ketiga penilaian berdasarkan konsultasi yang dilakukan peserta didik pada pihak BK. Hasil dari penilaian ini berupa raport yang didalam berisi tentang penilaian sikap (religious nasionalis kemandirian kedisiplinan dan tanggung jawab) (5) Faktor Pendorong Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kediri meliputi pembiayaan kegiatan yang sudah masuk dalam anggaran BOS sarana prasarana cukup memadai adanya partisipasi orang tua/wali murid motivasi antar peserta didik yang mampu membuat peserta didik menaati peraturan dan kedisiplinan kegiatan pembinaan dilaksanakan secara baik karena mampu menganggap peserta didik sebagai teman dan pembelajaran dilaksanakan sesuai permintaan dunia kerja (6) Faktor Penghambat Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kediri meliputi masi adanya guru dan karyawan yang terlambat dan tidak menaati peraturan tidak adanya kesadaran diri peserta didik dalam menaati peraturan dan adanya kegiatan luar sekolah yang mengganggu proses pembelajaran (7) Upaya Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kediri meliputi penyuluhan pada saat upacara bendera yang dilakukan oleh kepala sekolah adanya pembelajaran BK yang dilakukan setiap satu minggu sekali kegiatan pembinaan bersama dengan pihak TNI dan POLRI serta dibentuknya organisasi KOPASUSWA yang merupakan pembantu tim pertahanan teman sebaya (8) Peran Warga Sekolah dalam Mendukung Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Kediri dalam peran ini semua pihak yang berada disekolah ikut terlibat dan kegiatan yang melihatkan adanya keterlibatan warga sekolah yakni kegiatan upacara bendera kegiatan pembelajaran yang pastinya ikut serta guru dalam penerapan kedisiplinan adanya paguyuban menunjukkan keterlibatan orang tua dan piket tim ketahanan yang pastinya dilaksanakan setiap hari. Berdasarkan simpulan penelitian ini dapat disarankan kepada (1) Dinas Pendidikan Kota Kediri diharapkan dapat menjadi referensi untuk membantu dalam penyelenggaraan pendidik terutama yang berkaitan dengan pendidikan karakter disiplin di Kota Kediri (2) Kepala SMK Negeri 1 Kediri diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan dan pengembangan bagi sekolah untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan peserta didik dan memaksimalkan pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Kediri (3) Guru SMK Negeri 1 Kediri diharapkan dapat digunakan sebgai pedoman untuk mengarahkan peserta didik menjadi siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan tinggi dan tanggung jawab untuk bekal peserta didik dalam dunia kerja (4) Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk pembelajaran mata kuliah ataupun dalam melakukan penelitian khususnya pendidikan karakter disiplin dan (5) Peneliti lain diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi yang berminat meneliti tentang strategi sekolah untuk mengimplementasikan pendidikan karakter guna meningkatkan kedisiplinan peserta didik dengan lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140568

Actions (login required)

View Item View Item