Pengembangan media screencast untuk mata kuliah pemrograman visual/ Dio Agusta Ilham Akbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media screencast untuk mata kuliah pemrograman visual/ Dio Agusta Ilham Akbar

Akbar, Dio Agusta Ilham Akbar (2020) Pengembangan media screencast untuk mata kuliah pemrograman visual/ Dio Agusta Ilham Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akbar Dio Agusta Ilham. 2020. Pengembangan Media Screencast untuk Mata Kuliah Pemrograman Visual. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. (II) Dr. Agus Wedi S.Pd. M.Pd. Kata kunci media screencast Pemrograman Visual Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sangat cepat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Pengaruh tersebut salah satunya banyaknya inovasi dalam pembelajaran saat ini. Salah satu inovasi tersebut adalah E-Learning. E-Learning berkontribusi besar terhadap inovasi proses pembelajaran di mana pebelajar tidak lagi hanya melakukan pembelajaran secara konvensional di kelas tetapi pebelajar dapat belajar kapanpun dan di manapun dia berada selama memiliki perangkat elektronik/komputer. Media screencast merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk melakukan E-Learning atau pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik/komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran. Pemrograman Visual adalah mata kuliah yang mengkaji konsep-konsep teknik merancang membuat dan mengembangkan program aplikasi yang berbasis sistem operasi grafis serta memproduksi program aplikasi visual dengan menggunakan program pengembang perangkat lunak aplikasi. Kegiatan perkuliahan selama ini yang menggunakan media presentasi dan metode ceramah dirasa kurang memenuhi kebutuhan pebelajar. Media screencast dapat membantu mahasiswa dalam memantapkan materi yang disajikan dalam perkuliahan. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media screencast untuk mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2019 semester dua yang sedang menempuh mata kuliah Pemrograman Visual materi Multimedia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman. Prosedur pengembangannya sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah (6) Produksi (7) Tes/Uji coba (8) Revisi. Subjek penelitian dalam validasi yaitu mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2019 semester dua yang mengikuti mata kuliah Pemrograman Visual. Hasil pengembangan ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 95% ahli materi 97 5% dan hasil uji coba 82 3%. Saran yang dapat disampaikan oleh pengembang adalah ketika mahasiswa menggunakan media ini sebaiknya mahasiswa juga langsung mempraktikkannya sesuai langkah-langkah yang ditunjukkan. Agar mahasiswa mendapat pengalaman belajar yang lebih baik. Jika ada beberapa materi yang belum dimengerti atau belum diajarkan ketika menggunakan media ini mahasiswa dapat menanyakan materi tersebut kepada dosen pengampu mata kuliah Pemrograman Visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140556

Actions (login required)

View Item View Item