Pengembangan multimedia model tutorial materi tata surya kelas VII SMPN 1 Pagelaran Kab. Malang / Yoyong Trye Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia model tutorial materi tata surya kelas VII SMPN 1 Pagelaran Kab. Malang / Yoyong Trye Abdillah

Abdillah, Yoyong Trye (2020) Pengembangan multimedia model tutorial materi tata surya kelas VII SMPN 1 Pagelaran Kab. Malang / Yoyong Trye Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multimedia merupakan bentuk dari beberapa media yang disatukan antara lain teks audio gambar video dan animasi. Multimedia Model Tutorial mengandung unsur panduan pembelajaran yang dilengkapi dengan tutor dan alat pengontrol pada multimedia tersebut sehingga memungkinkan untuk digunakan secara berulang-ulang oleh masing-masing pengguna. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan ditemukan bahwa materi tata surya mempelajari tentang matahari planet-planet meteoroid komet asteroid revolusi bumi rotasi bumi fase-fase bulan dan gerhana yang berkaitan dengan fakta konsep/prinsip serta proses kejadian yang terjadi dari banyaknya dan rumitnya materi tata surya maka diperlukan adanya multimedia tutorial sebagai media pembelajaran berbasis komputer di laboratorium sekolah tersebut. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk multimedia tutorial yang valid dan layak digunakan untuk membantu siswa dalam mempelajari materi tata surya. Multimedia tutorial ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi tata surya secara mandiri baik di kelas maupun diluar kelas dengan bantuan guru sebagai fasilitator dan moderator. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan model Sadiman (2008) dengan delapan tahapan yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat ukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Produksi (7) Evaluasi/Uji coba (8) Revisi. Hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli media secara keseluruhan diperoleh dengan persentase sebesar 95% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil persentase validasi oleh ahli media ditemukan bahwa pengembangan media memenuhi semua aspek dengan sangat baik yang mendukung dari berbagai grafis teks audio animasi dan video. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan diperoleh dengan persentase sebesar 96 66% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak tanpa perlu revisi. Hasil persentase validasi oleh ahli materi ditemukan bahwa pengembangan media pada aspek kualitas materi kuis animasi dan video termasuk dalam kriteria sangat baik serta aspek kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum SMP. Saran untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan dapat dilaksanakannya uji coba dengan tahap uji satu lawan satu (one to one) evaluasi kelompok kecil (small group evaluation) dan uji lapangan (field test) pada multimedia tutorial materi tata surya yang sudah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140548

Actions (login required)

View Item View Item