Pengembangan adaptive e-learning system berbasis vark learning style (visual, auditory, reading/writing, kinesthetic) pada materi IP address / Nindia Rada Kusworo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan adaptive e-learning system berbasis vark learning style (visual, auditory, reading/writing, kinesthetic) pada materi IP address / Nindia Rada Kusworo

Kusworo, Nindia Rada (2020) Pengembangan adaptive e-learning system berbasis vark learning style (visual, auditory, reading/writing, kinesthetic) pada materi IP address / Nindia Rada Kusworo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem pembelajaran di SMK menargetkan 25% materi dan 75% praktik. Waktu siswa selama di sekolah akan habis dengan praktik dan sedikit waktu dalam mendalami materi. Diperlukan alternatif sehingga siswa dapat mengoptimalkan pemahaman materi tanpa perlu memotong waktu praktik di sekolah. Adaptive E-learning System (AES) menerapkan pembelajaran yang mengacu pada perbedaan karakteristik siswa berupa gaya belajar. Gaya belajar merupakan cara dan kondisi dimana siswa secara efisien dan efektif memahami mengolah menyimpan dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk program aplikasi Adaptive E-learning System yang layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengidentifikasi dan menyajikan materi sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) dengan model pengembangan multimedia instructional design oleh Lee amp Owens. Untuk mengetahui kelayakan program AES maka diperlukan review dari ahli dan uji coba perorangan siswa dengan menggunakan angket skala 1-5. Review dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Sementara uji coba perorangan dilakukan kepada dua orang siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 08 Malang. Hasil review pada angket ahli materi diperoleh rata-rata nilai sebesar 4 42 dan hasil review pada angket ahli media diperoleh rata-rata nilai sebesar 4 15. Berdasarkan review yang diberikan oleh ahli media dapat disimpulkan bahwa program aplikasi Adaptive E-learning System mendapat respon positif dan dapat dinyatakan layak digunakan. Dalam uji coba perorangan yang dilakukan kepada 2 orang siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 4 15 dari total rata-rata jawaban yang diharapkan 5.00. Siswa memberikn respon positif selama penggunaan produk Adaptive E-learning System dan memberikan masukan yang nantinya akan digunakan sebagai perbaikan program Adaptive E-learning System.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140547

Actions (login required)

View Item View Item