pengembangan media pembelajaran infografis materi kerajaan bercorak hindu-buddha di indonesia pada abad 4m-15m, kelas x di ma a-ittihad / rohmatul ummah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran infografis materi kerajaan bercorak hindu-buddha di indonesia pada abad 4m-15m, kelas x di ma a-ittihad / rohmatul ummah

Ummah, Rohmatul Ummah (2021) pengembangan media pembelajaran infografis materi kerajaan bercorak hindu-buddha di indonesia pada abad 4m-15m, kelas x di ma a-ittihad / rohmatul ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ummah Rohmatul. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Materi Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha di Indonesia pada Abad 4M-15M Kelas X di MA Al-Ittihad. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilaningsih M.Pd. (II) Dr. Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata kunci Media Pembelajaran Infografis Kerajaan Bercorak Hindu-Buddha Indonesia pada Abad 4M-15M Dalam proses pembelajaran kerap sekali ditemukan berbagai macam permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan ditemukan permasalahan terkait kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran sejarah salah satunya adalah materi kerajaan bercorak Hindu-Buddha pada abad 4M-15M di Indonesia. Salah satu hal yang menjadi faktor adalah waktu belajar yang cukup singkat dengan materi yang begitu luas serta waktu penyampaian materi pembelajaran yang terbatas sehingga tidak semua siswa dapat menerima materi ajar secara maksimal. Selain itu pembelajaran yang kurang variatif dan terbatasnya sumber belajar membuat siswa kesulitan dalam belajar sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran infografis materi kerajaan bercorak hindu-buddha di Indonesia pada abad 4M-15M yang layak/valid digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran sejarah materi kerajaan Hindu-Buddha Indonesia. Infografis merupakan media pembelajaran yang menyajikan konten visual informasi atau materi ajar yang komplek secara jelas sehingga dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Melalui media infografis ini juga diharapkan dapat menambah referensi sumber belajar baik digunakan di dalam maupun di luar kelas dalam bentuk soft file maupun cetak. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Sadiman (2008). Dalam model pengembangan ini terdapat 8 tahap yaitu (1) Identifikasi kebutuhan (2) Perumusan tujuan (3) Perumusan butir-butir materi (4) Perumusan alat ukur keberhasilan (5) Penulisan naskah media (6) Produksi (7) Tes/Uji coba (8) Revisi dan produk akhir. Media pembelajaran infografis diuji kelayakan oleh ahli materi media dan uji penggunaan oleh siswa. Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media diperoleh presentase sebesar 97 059% presentase sebesar 94 64% oleh ahli materi dan berdasarkan uji coba yang mengikutertakan 5 orang siswa kelas X diketahui hasil presentase sebesar 90 83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran infografis ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140544

Actions (login required)

View Item View Item