Thaariq, Zahid Zufar At Thaariq (2021) polarisasi efikasi diri dan motivasi belajar mahasiswa jurusan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran daring di universitas negeri malang tahun akademik 2020/2021 / zahid zufar at thaariq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran daring menjadi suatu kondisi yang mengharuskan proses belajar mengajar dilakukan secara virtual. Kondisi ini menyebabkan timbulnya kesenjangan dari pebelajar dalam proses pelaksanaannya. Temuan dari penelitian sebelumnya dalam proses pembelajaran secara tatap muka di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang menunjukkan kesenjangan tersebut yang meliputi berbagai hal seperti mahasiswa yang tidak fokus tidak memiliki keyakinan suka menyontek dan sebagainya. Hal tersebut juga mempengaruhi dalam proses pembelajaran secara daring sehingga informasi mengenai karakteristik belajar yang dimiliki oleh mahasiswa perlu untuk diketahui seperti efikasi diri dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan jabaran mengenai efikasi diri dan motivasi belajar dari mahasiswa jurusan teknologi pendidikan selama proses pembelajaran daring yang berlangsung di Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif secara deskriptif yang berarti peneliti melakukan analisis menggambarkan dan meringkas berbagai situasi dan kondisi dari berbagai data yang dikumpulkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan utamanya berupa wawancara namun disertai dengan data pendukung lain seperti observasi dan dokumentasi (triangulasi). Temuan penelitian ini menghasilkan perbedaan-perbedaan berkenaan dengan efikasi diri dan motivasi belajar selama pembelajaran daring seperti perbedaan kecenderungan dalam mengikuti perkuliahan perbedaan dalam mengerjakan tugas perbedaan dalam kenyamanan belajar dan sebagainya yang menjadikan adanya polarisasi di dalamnya. Adapun perbedaan-perbedaan tersebut menyebabkan polarisasi pendapat yang disampaikan seperti terdapat mahasiswa yang cenderung menyukai pembelajaran yang komunikatif namun terdapat juga mahasiswa yang cenderung menyukai pembelajaran yang bersifat praktikal. Terdapat juga mahasiswa yang cenderung menyukai interaksi secara daring namun terdapat juga mahasiswa yang cenderung cukup mengerjakan tugas saja guna memenuhi tujuan pembelajaran yang dilakukan. Harapannya dengan adanya penelitian ini dapat menjadi alternatif referensi bacaan dalam mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut guna dapat menjadi bahan dalam kebutuhan pembelajaran daring pada masa pandemi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140543 |
Actions (login required)
View Item |