Partisipasi Pokdarwis dalam kegiatan pelestarian lingkungan pada Wisata Kampung Ekologi / Dewi Saraswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Partisipasi Pokdarwis dalam kegiatan pelestarian lingkungan pada Wisata Kampung Ekologi / Dewi Saraswati

Saraswati, Dewi (2020) Partisipasi Pokdarwis dalam kegiatan pelestarian lingkungan pada Wisata Kampung Ekologi / Dewi Saraswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desa wisata merupakan salah satu bentuk alternatif destinasi wisata di Indonesia. Kegiatan Desa wisata biasa disebut sebagai Community Based Tourism (CBT) yaitu kegiatan wisata yang secara langsung dikelola oleh masyarakat dan dapat dimanfaatkan secara ekonomi. Salah satu desa wisata yang unik terdapat di Kota Batu yaitu Kampung Ekologi yang terletak di RW 06 Kelurahan Temas Kota Batu. Atraksi wisata yang ditawarkan berupa edukasi bank sampah handycraft dan kegiatan bertani sayur organik. Kampung Ekologi berawal dari konsep kampung yang nyaman aman dan sehat sehingga dalam pelaksanaannya memerlukan tindakan pelestarian lingkungan yang dikelola oleh Pokdarwis. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini untuk melihat sejarah terbentuknya Wisata Kampung Ekologi strategi Pokdarwis dalam kegiatan pelestarian lingkungan serta manfaat yang diterima masyarakat dengan adanya kegiatan pelestarian lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik penilaian informan menggunakan teknik purposive. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman melalui 4 tahapan yaitu pengumpulan data reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan diperoleh data sebagai berikut sesuai dengan tahapan teori Butler mengenai Tourism Area Cycle of Evolution sejarah Kampung Ekologi sudah melalui tiga tahapan yaitu tahap eksplorasi tahap keterlibatan dan tahap pengembangan. Saat ini Kampung Ekologi berada pada tahap pengembangan. Tahap pengembangan ini Pokdarwis membuat strategi pelestarian lingkungan dengan menggunakan tiga cara yaitu pemilihan atraksi yang tepat kegiatan dengan pendekatan CBT (Community Based Tourism) dan penambahan alat-alat yang disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan di Kampung Ekologi. Strategi tersebut memberikan manfaat kepada masyarakat berupa manfaat ekonomi sosial dan lingkungan. Manfaat ekonomi ini berupa tambahan penghasilan dengan menjadi guide dan penyewa rumah. Pada aspek sosial dapat dilihat manfaatnya dari beberapa masyarakat yang mampu memilah sampah dengan baik serta masyarakat menjadi lebih rukun dan guyub. Manfaat dalam aspek lingkungan yaitu lingkungan menjadi lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali. Selain itu Kampung Ekologi masuk dalam nominasi lomba Proklim (Program Kampung Iklim) yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai upaya pengendalian iklim berbasis komunitas. Kegiatan pelestarian lingkungan dapat terwujud dengan adanya partisipasi Pokdarwis yang di bantu oleh masyarakat. Oleh karena itu saran bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji Pokdarwis dan masyarakat lebih mendalam dilihat dari tipologi partisipasi di dalam kegiatan pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140512

Actions (login required)

View Item View Item