Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis android "si-BISO" (Aplikasi Belajar Ilmu Sosial Online) pada materi IPS kerajaan dan peninggalan pada masa Hindu-Budha / Meilia Tika Ayu Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis android "si-BISO" (Aplikasi Belajar Ilmu Sosial Online) pada materi IPS kerajaan dan peninggalan pada masa Hindu-Budha / Meilia Tika Ayu Ningrum

Ningrum, Meilia Tika Ayu (2020) Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis android "si-BISO" (Aplikasi Belajar Ilmu Sosial Online) pada materi IPS kerajaan dan peninggalan pada masa Hindu-Budha / Meilia Tika Ayu Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini dilatar belakangi oleh terbatasnya media pembelajaran dan kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran IPS yang mampu menghadirkan objek pembelajaran ke dalam proses pembelajaran ke dalam bentuk yang berbeda. Media pembelajaran yang dikembangkan untuk mengatasi kebosanan siswa dan mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan memanfaatkan smartphone berbasis android. Smartphone berbasis android dipilih peneliti karena dapat dikembangkan secara menarik kreatif inovatif dan memudahkan siswa dalam belajar mandiri. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis android ldquo si-BISO rdquo (Aplikasi Belajar Ilmu Sosial Online) pada materi Kerajaan dan Peninggalan pada Masa Hindu-Buddha dengan kualifikasi valid praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahap-tahap sebagai berikut (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Berdasarkan proses validasi ahli materi media pembelajaran ldquo si-BISO rdquo menunjukkan persentase skor (61 7%) validasi ahli bahasa (70%) dan validasi ahli media (88%). Secara keseluruhan validasi ahli dapat disimpulkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS dalam kegiatan pembelajaran IPS Terpadu SMP/MTs. Kepraktisan media pembelajaran ldquo si-BISO rdquo dari praktisi pendidikan menunjukkan persentase skor (100%) dan dari siswa memperoleh skor (80 2%). Keefektifan media pembelajaran ldquo si-BISO rdquo memperoleh persentase (81 3%). Berdasarkan penelitian tersebut saran diberikan untuk penelitian selanjutnya yaitu (1) Memberikan pilihan materi dan video pembelajaran yang lebih beragam (2) Memberikan pilihan akses media pembelajaran secara offline maupun online (3) Meningkatkan kualitas warna dan gambar yang lebih menarik (4) Menambah bentuk tes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140509

Actions (login required)

View Item View Item