Strategi guru IPS dalam mengatasi alienasi siswa (studi kasus pada SMP Negeri 9 Malang) / Delphine Mutiara Jasmine - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru IPS dalam mengatasi alienasi siswa (studi kasus pada SMP Negeri 9 Malang) / Delphine Mutiara Jasmine

Jasmine, Delphine Mutiara (2020) Strategi guru IPS dalam mengatasi alienasi siswa (studi kasus pada SMP Negeri 9 Malang) / Delphine Mutiara Jasmine. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era globalisasi menimbulkan munculnya permasalahan-permasalahan baru yang paling banyak ditemui adalah permasalahan sosial. Permasalahan sosial salah satunya dapat terjadi pada siswa di sekolah. Siswa cenderung bersikap individualis sehingga menjadi siswa yang mengalami alienasi atau sering disebut dengan keterasingan. Sikap seperti ini buruk karena dapat membuat hilangnya rasa solidaritas terhadap sesama dan munculnya sikap egoisme yang tak terbatas di masa depan dan dapat menghambat kegiatan belajar mengajar di sekolah sehingga dibutuhkan strategi guna memperbaiki perilaku sosial baru agar siswa dapat diterima di lingkungan masyarakat. Guru dipercaya sebagai aktor yang memiliki posisi strategis untuk membentuk karakter siswa. Permasalahan sosial pada siswa menyebabkan munculnya tantangan baru bagi guru IPS untuk memperbaikinya sesuai dengan objek kajian IPS maka guru bertugas mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat memiliki sikap mental positif untuk perbaikan segala ketimpangan dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun di masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik penilaian informan menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman melalui 4 tahapan yaitu pengumpulan data reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan diperoleh data sebagai berikut ciri-ciri siswa yang mengalami alienasi adalah terlalu pendiam tidak tertarik untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga menjadikan siswa memiliki rasa empati yang rendah. Perasaan yang dirasakan oleh siswa alienasi ialah kurang rasa percaya diri dan cemas. Guru IPS juga menemukan bahwa ciri-ciri siswa yang mengalami alienasi yaitu menyendiri menghindar terlalu pendiam dan nilainya di bawah rata-rata dari kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut selalu diminimalkan oleh guru karena tidak sesuai dengan tugas perkembangan remaja dalam aspek fisik dan psikologi. Alienasi yang dialami oleh siswa juga tidak sejalan dengan teori kebutuhan dasar oleh Abraham Maslow karena pada dasarnya manusia ialah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Strategi yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi alienasi terbagi menjadi 2 yaitu di dalam pembelajaran dan di luar pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140508

Actions (login required)

View Item View Item