Pamungkas, Dimas Pratita (2020) Pengembangan media pembelajaran e-buletin berbasis flipbook pada materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur Indonesia kelas VIII di SMPN 11 Malang / Dimas Pratita Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini Indonesia menggunakan kurikulum 2013 sebagai kurikulum nasional yang lebih mempersiapkan peserta didik dalam kehidupan mendatang. Hal itu erat kaitannya dengan peningkatan mutu suatu pendidikan. Perkembangan IPTEK juga berdampak positif terhadap variatifnya pengembangan media pembelajaran yang ada di sekolah. E-buletin berbasis flipbook menjadi salah satu media pembelajaran baru dalam IPS dan berdampingan dengan media seperti e-modul e-book ataupun e-learning yang saat ini telah banyak dikembangkan. Penelitian ini memiliki tujuan yakni (1) menghasilkan media e-buletin berbasis flipbook pada materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur Indonesia kelas VIII di SMPN 11 Malang (2) mengetahui validitas media e-buletin berbasis flipbook pada materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur Indonesia kelas VIII di SMPN 11 Malang (3) mengetahui keefektifan media e-buletin berbasis flipbook pada materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur Indonesia kelas VIII di SMPN 11 Malang. Penelitian ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan dkk (1974) dan memiliki tahapan pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebarluasan (disseminate). Pada tahapan penyebarluasan tidak dilaksanakan dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya serta produk akhir media pembelajaran ini tidak akan disebarluaskan kepada umum. Validasi media dinilai oleh tim validator dan akan dilakukan uji coba kepada siswa VIII G dan VIII H. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media didasarkan atas penilaian (1) Ahli media diperoleh persentase sebesar 94 73% termasuk kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . (2) Ahli materi diperoleh persentase sebesar 89 70% termasuk kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . (3) Ahli bahasa dengan persentase sebesar 91 66% termasuk kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . (4) Praktisi lapangan diperoleh persentase sebesar 94 31% dengan kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . Selain itu untuk respons dan uji coba produk diperoleh persentase skor 91 95% dengan kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . Keefektifan media pembelajaran diperoleh skor 92 37% dengan kriteria ldquo Sangat Layak rdquo . Serta respons umum dari produk ini adalah mudah dipahami menarik dan menyenangkan. Saran penelitian dan pengembangan lebih lanjut (1) Pengembangan media masih terbatas untuk materi Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur Indonesia. Untuk pengembangan media lebih lanjut dapat dikembangkan dan dilakukan uji coba pada materi IPS yang lain (2) Pengembangan media lebih lanjut disarankan dapat dipadukan dengan model dan metode yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |