Makna pendidikan formal dan ajaran samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora / Rohana Siti Nurkasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna pendidikan formal dan ajaran samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora / Rohana Siti Nurkasanah

Nurkasanah, Rohana Siti (2020) Makna pendidikan formal dan ajaran samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora / Rohana Siti Nurkasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan formal merupakan salah satu kewajiban paling penting dalam pembangunan sumber daya manusia pada suatu negara. Perkembangan zaman yang semakin maju terdapat komunitas masyarakat di Kabupaten Blora menolak pendidikan formal. Berdasarkan historisnya komunitas masyarakat yang menolak pendidikan formal yaitu masyarakat Samin. Masyarakat Ssamin adalah Seiring berjalannya waktu masyarakat Samin mulai menerima dan bersekolah formal namun tidak meninggalkan ajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah masyarakat Samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Mendeskripsikan makna pendidikan formal bagi masyarakat Samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Mendeskripsikan ajaran Samin dalam perspektif pendidikan bagi generasi penerusnya di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Jenis penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk membahas fokus penelitian ini. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang terdiri dari (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan (4) penarikan kesimpulan. Tahap akhir adalah pelaporan yang berpedoman pada Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI) Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejarah masyarakat Samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora pada tahun 1890 yang dipelopori oleh Siman Surowijoyo. Siman Surowijoyo sebagai kaki tangan Samin Surosentiko. Tokoh ketua Samin di Desa Sambongrejo beberapa kali digantikan keturunan berikutnya. Setelah beberapa ganti ketua Samin saat ini bernama Pramugi Prawiro selalu memberikan ajaran Samin dan nasihat bagi generasi penerusnya. Makna pendidikan formal bagi masyarakat Samin di Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora ada dua pertama masyarakat Samin berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Makna kedua seseorang yang menempuh dan menyelesaikan pendidikan formal untuk kedepannya sebagai upaya mencari pekerjaan. Makna ajaran Samin dalam perspektif pendidikan bagi generasi penerusnya yaitu sebagai bentuk kejujuran toleransi dan kedisiplinan yang terdapat dalam pendidikan formal selain itu terdapat juga di dalam ajaran Samin. Ajaran Samin sebagai patokan hidup masyarakat Samin yaitu ucapan pikiran dan tingkah laku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140504

Actions (login required)

View Item View Item