pengaruh literasi digital terhadap minat guru ips menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online / rafi iqbal rahmatulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh literasi digital terhadap minat guru ips menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online / rafi iqbal rahmatulloh

Rahmatulloh, Rafi Iqbal Rahmatulloh (2021) pengaruh literasi digital terhadap minat guru ips menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online / rafi iqbal rahmatulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan video konferensi sebagai platform pembelajaran online dinilai mampu menghadirkan suasana kelas konvensional di mana guru dan peserta didik dapat berinteraksi secara langsung baik secara verbal maupun nonverbal. Namun intensitas penggunaan video konferensi sebagai platform dikalangan guru IPS SMP se-Kota Malang masih rendah di mana 54 3% guru menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online kurang dari lima kali selama kegiatan pembelajaran online dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat guru IPS jenjang SMP se-Kota Malang dalam menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online. Peneliti menggunakan technology acceptance model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis dan Vankatesh sebagai landasan teori. TAM yang digunakan akan dimodifikasi dengan menambahkan literasi digital sebagai variabel eksternal Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatori. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder. Data yang dikumpulkan dari lapangan mencangkup literasi digital persepsi kegunaan persepsi kemudahan dan minat menggunakan video konferensi. Populasi penelitian adalah seluruh guru IPS SMP se-Kota Malang yang berjumlah 229. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 5%. Setelah melakukan perhitungan dengan rumus tersebut dapat diketahui sampel penelitian yang digunakan berjumlah 140 guru. Peneliti menggunakan teknik analisis SEM-PLS untuk menganalisis hubungan antara variabel penelitian dan menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (a) literasi digital tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru IPS jenjang SMP di Kota Malang menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online (b) literasi digital secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru IPS jenjang SMP di Kota Malang menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online melalui persepsi kegunaan sebagai variabel mediasi dan (c) literasi digital secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat guru IPS jenjang SMP di Kota Malang menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online melalui persepsi kemudahan sebagai variabel mediasi. Penelitian selanjutnya diharapkan mengkaji lebih jauh terkait kebijakan sekolah dan pengaruhnya terhadap minat guru menggunakan video konferensi sebagai platform pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140503

Actions (login required)

View Item View Item