pengembangan media evaluasi pembelajaran ips “maps” dengan game web browser based learning materi masa praaksara untuk siswa kelas vii smp negeri 23 malang / santi dwi retno eko putro - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media evaluasi pembelajaran ips “maps” dengan game web browser based learning materi masa praaksara untuk siswa kelas vii smp negeri 23 malang / santi dwi retno eko putro

Putro, Santi Dwi Retno Eko Putro (2021) pengembangan media evaluasi pembelajaran ips “maps” dengan game web browser based learning materi masa praaksara untuk siswa kelas vii smp negeri 23 malang / santi dwi retno eko putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menetapkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) era pandemi Covid-19. Kebijakan PJJ menuntut adanya pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran mulai dari proses perancangan pelaksanaan hingga proses evaluasi. Salah satu unsur kegiatan pembelajaran yang dianggap penting adalah evaluasi. Evaluasi pembelajaran dapat dijadikan tolok ukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Era pandemi Covid-19 dibarengi dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat telah memasuki berbagai aspek kehidupan manusia. Guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin untuk menciptakan evaluasi yang praktis. Salah satunya yaitu pemanfaatan web browser yang diadaptasi untuk kepentingan evaluasi pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh analisis kebutuhan berdasarkan permasalahan dan peluang yang ada di lapangan. Analisis kebutuhan didapat dari hasil observasi lapangan awal di SMP Negeri 23 Malang bahwa banyak siswa yang merasa cemas saat melaksanakan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi 100% siswa kelas VII SMP Negeri 23 Malang telah memiliki smartphone. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah merancang dan menghasilkan media evaluasi pembelajaran IPS ldquo MAPS rdquo dengan game web browser based learning pada materi ldquo Masa Praaksara rdquo untuk siswa kelas VII SMP Negeri 23 Malang ldquo MAPS rdquo menguji kelayakan media evaluasi pembelajaran IPS ldquo MAPS rdquo dan menguji kepraktisan media evaluasi pembelajaran IPS ldquo MAPS rdquo . Penelitian ini mengadaptasi tujuh tahapan penelitian dan pengembangan Borg and Gall (2007) yaitu (1) analisis potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk skala kecil (7) revisi produk. Subjek penelitian dan pengembangan adalah guru IPS dan 31 siswa kelas VII.6 SMP Negeri 23 Malang. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan didapatkan nilai persentase sebesar 92 85% untuk validasi ahli materi 87 5% untuk validasi ahli evaluasi pembelajaran IPS dan 96 87% untuk validasi ahli media. Berdasarkan nilai persentase tersebut media evaluasi pembelajaran IPS ldquo MAPS rdquo dinyatakan ldquo Sangat Layak rdquo untuk digunakan. Selain itu juga dilakukan uji kepraktisan media berdasarkan respon pengguna. Hasil uji kepraktisan yang telah dilakukan berdasarkan respon dari Guru IPS SMP Negeri 23 Malang menunjukkan persentase 97 5% dan 87 66% untuk hasil respon 31 siswa kelas VII.6. Berdasarkan persentase respon pengguna tersebut media evaluasi pembelajaran IPS ldquo MAPS rdquo dapat dinyatakan ldquo Sangat Praktis rdquo untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140499

Actions (login required)

View Item View Item