Peran balai latihan kerja untuk menyiapkan santri pondok pesantren mamba'ul hikam dalam dunia kerja / Habib Al Adhim - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran balai latihan kerja untuk menyiapkan santri pondok pesantren mamba'ul hikam dalam dunia kerja / Habib Al Adhim

Adhim, Habib Al Adhim (2021) Peran balai latihan kerja untuk menyiapkan santri pondok pesantren mamba'ul hikam dalam dunia kerja / Habib Al Adhim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena saat ini menunjukkan adanya kecenderungan masyarakat dalam memilih jalur pendidikan formal. Namun di tengah banyaknya warga yang memilih jalur pendidikan formal ada juga sebagian yang menempuh jalur nonformal. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak lembaga pendidikan nonformal yang ada dimasyarakat salah satunya yaitu pondok pesantren. Namun santri yang menempuh pendidikan nonformal di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikam tidak mendapatkan ijazah formal. Para santri menempuh pendidikan nonformal selama bertahun-tahun namun setelah lulus para santri hanya mendapatkan Syahadah atau sertifikat. Berhubungan dengan itu Pondok Pesantren Mamba'ul Hikam memiliki program Balai Latihan Kerja sebagai strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah (1) motivasi santri memilih pendidikan di pesantren (2) makna pekerjaan bagi santri (3) peran balai latihan kerja dalam menyiapkan santri dalam dunia kerja. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini akan dilakukan di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikam. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Kemudian pemilihan informan dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 3 macam yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara dilakukan pada santri dan ustadz lalu dokumentasi diperoleh dari arsip pesantren. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep milik Miles Huberman amp Saldana analisis data terdiri dari pengumpulan data penyajian data reduksi data penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa sebagian besar motivasi para santri masuk pesantren dikarenakan arahan dari keluarga dan sebagian kecil karena tuntutan dari masyarakat. Makna pekerjaan bagi santri dapat dianalisis dari dari dua aspek yaitu motif sebab (because motive) dan motif tujuan (in order to motive). Selain itu Peran Balai Latihan Kerja yaitu dengan mengembangkan soft-skill santrinya yaitu pada interpersonal skill dan intrapersonal skill. Interpersonal skill yang dikembangkan yaitu pada bidang marketing skill. Sedangkan pada intrapersonal skill yang dikembangkan yaitu pada bidang creative thinking skill. Penelitian ini diharapkan sebagai bahan rujukan dan bahan kajian dalam penelitian selanjutnya yang berfokus pada alasan Pondok Pesantren Mamba'ul Hikam tidak memfasilitasi santri dengan pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 15 May 2023 03:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140498

Actions (login required)

View Item View Item