Persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di SMP Negeri 20 Malang / Idayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di SMP Negeri 20 Malang / Idayati

Idayati (2009) Persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di SMP Negeri 20 Malang / Idayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembagian mata pelajaran seni budaya di SMP didasarkan cabang seni yang meliputi seni rupa seni musik seni tari dan seni teater. Di SMP Negeri 20 Malang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran seni budaya khususnya pada kelas IX meliputi dua bidang seni yaitu bidang seni rupa dan bidang seni tari. Dari pilihan bidang seni tersebut siswa diberi kebebasan dalam memilih bidang seni yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dengan demikian dapat diperoleh data perbandingan jumlah siswa laki-laki yang berminat terhadap bidang seni rupa dan bidang seni tari sebagai berikut siswa laki-laki yang berminat dengan bidang seni rupa sebanyak 115 sedang siswa laki-laki yang berminat terhadap bidang seni tari sebanyak 21 siswa. Jika dibuat perbandingan prosentase adalah 7% 93% dari jumlah keseluruhan 136 siswa laki-laki. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan/ menggambarkan persepsi siswa laki-laki terhadap mata pelajaran seni budaya bidang seni tari. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif teknik analisa datanya adalah dengan mentabulasikan data dalam frekuensi yang kemudian proses pengolahan datanya menggunakan prosentase. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa laki-laki yang tertarik dan tidak tertarik serta senang dan tidak senang dengan mata pelajaran seni budaya bidang seni tari ada setengah bagian (2) setengah bagian dan hampir seluruh siswa laki-laki berpendapat setuju jika bidang seni tari adalah pelajaran yang penting untuk di pelajari di sekolah dan memberikan manfaat (3) tanggapan dari sebagian besar siswa laki-laki menyatakan setuju dengan pernyataan bahwa mata pelajaran seni budaya bidang seni tari adalah pelajaran yang sulit (4) setengah bagian siswa laki-laki bersikap menerima mata pelajaran seni budaya bidang seni tari menjadi pelajaran wajib ditempuh oleh semua siswa baik laki-laki dan perempuan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa laki-laki tidak tertarik dan tidak senang dengan mata pelajaran seni budaya bidang seni tari di karenakan pelajarannya tidak menyenangkan dan sulit. Maka disaran kepada guru bidang seni tari dalam penggunaan metode pengajaran harus didasarkan atas minat dan kebutuhan serta mampu menumbuhkan kegairahan dan minat agar siswa semangat mengikuti pelajaran. Siswa laki-laki juga beranggapan bahwa dalam seni tari (menari) dibutuhkan gerak yang bagus dan luwes. Maka disarankan supaya guru dan juga sekolah untuk memberikan pemahaman dan wawasan yang benar tentang mata pelajaran seni budaya bidang seni tari kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140494

Actions (login required)

View Item View Item