Pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas 2 akuntansi di SMK Yayasan Tekstil Pandaan / Mustofa Hilabi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas 2 akuntansi di SMK Yayasan Tekstil Pandaan / Mustofa Hilabi

Mustofa Hilabi (2009) Pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata diklat kewirausahaan kelas 2 akuntansi di SMK Yayasan Tekstil Pandaan / Mustofa Hilabi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberhasilan seorang siswa dalam menguasai suatu mata diklat di sekolah tidak lepas dari faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri maupun luar siswa dan salah satu faktor dari dalam diri siswa adalah cara dan kebiasaan belajar siswa. Cara dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor penunjang tercapainya prestasi belajar siswa. Siswa yang mempunyai cara dan kebiasaan belajar yang baik akan memperoleh hasil belajar yang optimal. Sebaliknya jika siswa memiliki cara dan kebiasaan belajar yang tidak sesuai (jelek) akan memperoleh hasil belajar yang kurang optimal. Penilaian prestasi belajar terhadap siswa sangat penting karena dapat diketahui sejauh mana taraf pengetahuan siswa yang dicapai selama mengikuti proses kegiatan belajar. Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang diambil dari nilai ulangan harian. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara belajar kebiasaan belajar prestasi belajar dan pengaruh cara dan kebiasaan belajar baik secara parsial atau simultan terhadap prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah cara belajar (X1) dan kebiasaan belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 AK 1 dan AK 2 yang berjumlah 76 siswa sehingga subyeknya diambil semua atau bisa disebut penelitian populasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi ganda. Analisis diskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran cara belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar. Sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar secara parsial dan simultan. Cara belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah yang di ukur dalam beberapa indikator penelitian sebanyak 20 item pertanyaan dan hasil analisis menyatakan 59 25% responden atau sebanyak 45 siswa memiliki cara belajar yang cukup baik. Prestasi belajar pada mata diklat kewirausahaan kelas 2 Akuntansi di SMK Yayasan Pandaan tergolong baik. Sebanyak 59 (76 92%) siswa memiliki prestasi belajar pada mata diklat kewirausahaan dengan kriteria baik. Cara belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari besarnya Sig. (2-tailed) 0 000 0 05. Kemudian untuk kebiasaan belajar yang dimiliki oleh siswa kelas 2 Akuntansi di SMK Yayasan Tekstil Pandaan tergolong baik. Sebanyak 47 (61 85%) siswa memiliki kebiasaan belajar yang cukup baik. Kebiasaan belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat ditunjukkan oleh besaran Sig. (2-tailed) 0 000 0 05. Secara simultan cara dan kebiasaan belajar secara berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang menyatakan prestasi belajar dipengaruhi oleh cara belajar dan kebiasaan belajar sebesar 50 4% sedangkan 49 6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar sebesar 50 4% dan sisanya 49 6% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian. Berdasarkan penelitian ini disarankan pada siswa agar lebih memperhatikan cara dan kebiasaan belajar yang kurang sesuai dan lebih meningkatkan pentingnya belajar guru diharapkan dapat memberikan motivasi dan pengarahan kepada siswanya tentang cara belajar yang baik dan orang tua siswa agar lebih memperhatikan kebiasaan belajar anaknya dan mengingatkan anaknya untuk belajar tepat waktunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140492

Actions (login required)

View Item View Item