Perancangan buku dongeng pop up "Ken Arok dan kutukan keris MPU Gandring" untuk anak usia 4-6 tahun / Triyas Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku dongeng pop up "Ken Arok dan kutukan keris MPU Gandring" untuk anak usia 4-6 tahun / Triyas Wijayanti

Wijayanti, Triyas (2011) Perancangan buku dongeng pop up "Ken Arok dan kutukan keris MPU Gandring" untuk anak usia 4-6 tahun / Triyas Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Buku Dongeng Pop Up Ken Arok dan Kutukan Keris Mpu Gandring Beberapa tahun ini perkembangan buku cerita bergambar untuk anak sangat pesat dengan berbagai jenis dan bentuknya. Buku cerita bergambar dengan model pop up menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi anak-anak. Namun tidak banyak buku cerita pop up yang mengangkat tema mengenai sejarah dan kebudayaan Indonesia padahal hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran terhadap kelestarian sejarah dan budaya kita serta meningkatkan minat baca anak. Ken Arok adalah seorang tokoh pendiri Kerajaan Singasari yang ada di kota Malang. Dia merupakan raja pertama yang berasal dari golongan rakyat jelata yang dapat membuktikan bahwa dirinya dapat menjadi seorang yang besar. Ken Arok lahir dari seorang wanita bernama Ken Endhog yang kemudian dibuang didalam kuburan. Dia ditemukan oleh seorang pencuri yang bernama Lembong dan diangkat menjadi anaknya. Dengan latar belakang masa kecil yang kurang baik Ken Arok tumbuh menjadi anak yang cerdas nakal dan suka berjudi. Dia sering menghalalkan segala cara untuk mewujudkan segala impiannya namun diakhir cerita dia juga harus menanggung atas semua perbuatan jahatnya. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut di atas maka penulis ingin mengangakat tema Ken Arok dalam bentuk buku cerita berseri dalam bentuk pop up untuk anak-anak usia empat sampai enam tahun sebagai media hiburan dan pengetahuan serta untuk menumbuhkan minat baca dan kepedulian terhadap sejarah dan kebudayaan Indonesia. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan media buku cerita berbentuk pop up yang menceritakan mengenai Ken Arok yang mendapatkan kutukan dari Mpu Gandring karena kejahatannya. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural yang menggariskan langkah-langkah untuk menghasilkan produk diawali dengan latar belakang pengidentifikasian tujuan dilanjutkan dengan pengumpulan data perancangan konsep hingga pembuatan karya final. Data-data yang menjadi acuan adalah data yang bersumber dari hasil survey dan berbagai macam buku literatur. Perancangan ini memiliki keterbatasan sehingga saran penulis adalah dalam perancangan buku cerita bergambar untuk anak perlu memperhatikan bahasa visual dan tekstual yang menarik agar mampu mempengaruhi anak terhadap perubahan perilaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item