Pengembangan buku ajar tentang HIV/AIDS untuk siswa kelas XI semester I SMA Negeri 5 Malang / Endras Setyo Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar tentang HIV/AIDS untuk siswa kelas XI semester I SMA Negeri 5 Malang / Endras Setyo Darmawan

Endras Setyo Darmawan (2008) Pengembangan buku ajar tentang HIV/AIDS untuk siswa kelas XI semester I SMA Negeri 5 Malang / Endras Setyo Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku ajar merupakan bahan atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Karakteristik produk yang diharapkan adalah buku ajar dengan bagian berupa halaman judul kata pengantar daftar isi daftar gambar petunjuk guru pemaparan materi soal latihan dan daftar pustaka. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada Guru Pendidikan Jasmani SMA Negeri 5 Malang dapat disimpulkan bahwa SMA Negeri 5 Malang menyusun dan mengembangkan KTSP untuk Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani HIV/AIDS ditetapkan sebagai materi kesehatan pada KTSP Pendidikan Jasmani untuk kelas XI semester I siswa belum menggunakan buku ajar tentang HIV/AIDS karena guru belum membuat dan mengembangkan buku tentang HIV/AIDS karena keterbatasan waktu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum adanya buku ajar HIV/AIDS untuk siswa kelas XI semester I SMA Negeri 5 Malang yang digunakan sebagai bahan ajar materi kesehatan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli dan siswa dengan klasifikasi 1 Ahli Media Pembelajaran 1 Ahli Kesehatan dan 2 Ahli Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Sedangkan untuk siswa dilakukan uji coba (kelompok kecil) sebanyak 6 siswa dan uji coba lapangan (kelompok besar) sebanyak 30 siswa. Hasil persentase yang didapat sebagai berikut Ahli Media Pembelajaran sebesar 73 36% Ahli Kesehatan 83 33% Ahli Pembelajaran Pendidikan Jasmani 82 33% Uji Kelompok Kecil (6 orang) 76 84% dan Uji Kelompok Besar (30 siswa) 80 83%. Berdasarkan persentase yang diperoleh memiliki makna digunakan karena memiliki persentase sebesar 70 1%-90 0%. Aspek yang perlu direvisi meliputi aspek ketepatan tulisan cover kejelasan tulisan halaman judul dan ketepatan tulisan halaman judul aspek kesesuaian perpaduan warna pada cover dan kemenarikan tampilan cover keseluruhan.karena memiliki makna digunakan (bersyarat) karena persentasenya sebesar 40 1%-70 0%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan buku ajar HIV/AIDS ini menarik dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140409

Actions (login required)

View Item View Item