Pengharapan siswa, guru, dan orang tua terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Yayasan Pandaan / P. Gin Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengharapan siswa, guru, dan orang tua terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Yayasan Pandaan / P. Gin Indriani

P. Gin Indriani (2009) Pengharapan siswa, guru, dan orang tua terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Yayasan Pandaan / P. Gin Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Bimbingan dan Konseling akan tepat sasaran dan terasa besar manfaatnya apabila dikembangkan berdasarkan kebutuhan semua pihak yang membutuhkannya. Program Bimbingan dan Konseling pada dasarnya bukan semata-mata tanggung jawab konselor tetapi juga personil sekolah yang lain. Program bimbingan dan konseling akan berjalan dengan baik apabila ada kerja sama yang baik antar semua personil sekolah. Berbagai pihak yang terkait dalam pengembangan dan pelaksanaan program bimbingan konseling adalah guru mata pelajaran tenaga adminis trasi dan orang tua murid. Pelayanan bimbingan dan konseling dimaksud untuk memberikan manfaat atau kegunaan tertentu kepada individu yang menggunakan pelayanan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengharapan siswa guru dan orang tua terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah SMP Yayasan di Pandaan. Rancangan penelitian ini termasuk penelitian diskriptif kwantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa guru dan orang tua murid di SMP Yayasan Pandaan dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden mewakili 250 siswa kls VIII-1 VIII-5 35 guru dan 100 orang tua murid.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik Random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket. Sedangkan tehnik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kwantitatif dengan menggunakan persentase(%). Setelah dilakukan analisis data dengan menggunakan persentase diperoleh hasil untuk layanan orientasi 41 40% siswa mengharapkan pemberian orientasi tentang hak dan kewajiban siswa dan nilai-nilai kehidupan 55 43% guru mengharapkan siswa diberi orientasi hak dan kewajiban siswa dan nilai-nilai kehidupan dan 46 80 % orang tua menhharapkan orientasi tentang hak dan kewajiban siswa dan nilai-nilai kehidupan. Layanan informasi diperoleh hasil 42 00% siswa 45 71%guru dan 46 68% orang tua mengharapkan informasi tentang kelanjutan sekolah sebab-sebab kesulitan belajar dan cara belajar yang efektif sedangkan untuk informasi lembaga ketrampilan dan dunia kerja baik siswa guru dan orang tua kurang banyak yang mengharapkan karena jenjang sekolah masih SMP. Layanan penempatan dan penyaluran diperoleh hasil 51 43% siswa 51 43% guru dan 49 00% orang tua mengharapkan agar penempatan siswadalam kelas sesuai dengan keadaan fisik dan kepribadian siswa walaupun siswa sendiri kurang berharap karena siswa lebih senang dikelas sesuai dirinya sendiri sedangkan untuk penggunaan waktu luang baik siswa guru maupun orang tua banyak yang mengharapkan dan dapat terlaksana dengan baik. Layanan konseling diperoleh hasil 44 67% siswa 55 24% guru dan 47 33% orang tua mengharapkan layanan untuk pengentasan masalah siswa sampai tuntas dan selalu memantau perkembangan masalah siswa baik siswa guru dan orang tua banyak yang mengharapkan dapat terlaksana dengan baik. Untuk kegiatan khusus diperoleh hasil 42 75% siswa 47 86% guru dan 43 75% orang tua mengharapkan agar kerahasiaan masalah siswa dijaga juga pelancaran angket sangat banyak yang mengharapkan sedangkan untuk konferensi kasus dan kunjungan rumah guru banyak yang mengharapkan sedangkan siswa dan orang tua kurang banyak yang mengharapkan karena baik siswa dan orang tua meras malu bila masalahnya diketahui orang dan merasa malu bila personil sekolah berkunjung kerumah tetapi baik siswa guru maupun orang tua berharap agar layanan ini dapat terlaksana dengan baik. Untuk referal diperoleh hasil 47 00% siswa 54 29% guru dan 48 00% orang tua mengharapkan dapat terlaksana dengan baik. Dapat disimpulkan banyak siswa guru dan orang tua yang mengharapkan pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Yayasan Pandaan dapat terlaksana dengan baik walaupun ada sangat sedikit siswa guru dan orang tua yang kurang setuju dengan pelayanan bimbingan dan konseling yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar pengharapan siswa guru dan orang tua terhadap pelayanan bimbingan dan konseling di SMP Yayasan dapat terpenuhi maka diharapkan untuk Kepala sekolah lebih aktif mendukung terlaksananya pelayanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pendukung karena dukungan aktif kepala sekolah sangat menentukan kelancaran program bimbingan dan konseling bagi konselor hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pendukungnya agar layanan yang diberikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan harapan siswa guru dan orang tua. Bagi guru hendaknya guru dapat membantu konselor dalam penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di sekolah agar dapat berjalan dengan baik sesuai harapan siswa guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140403

Actions (login required)

View Item View Item