Perancangan media komunikasi visual Hotel Selecta BAtu sebagai media promosi / Satriyo Adi Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media komunikasi visual Hotel Selecta BAtu sebagai media promosi / Satriyo Adi Wicaksono

Wicaksono, Satriyo Adi (2011) Perancangan media komunikasi visual Hotel Selecta BAtu sebagai media promosi / Satriyo Adi Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perancangan Media Komunikasi Visual Promosi Media komunikasi visual merupakan sarana yang digunakan untuk mengkomunikasikan produk barang ataupun jasa. Penggunaan media komunikasi visual menjadi bagian dalam strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan rancangan media komunikasi visual disertai dengan paparan deskriptif konseptual. Perancangan ini memilih Hotel Selecta Batu sebagai klien. Hotel Selecta Batu merupakan salah satu hotel yang berada di kota Batu Jawa Timur. Dalam kegiatan promosi Hotel Selecta Batu masih memerlukan penggunaan media komunikasi guna menunjang peningkatan jumlah kunjungan tamu hotel dan memperkuat positioningnya melalui bentuk desain media komunikasi visual yang terencana dan terarah. Metode perancangan yang digunakan adalah model prosedural dengan menetapkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk yang berupa rancangan media disertai deskripsi konseptual. Langkah-langkah dalam metode perancangan meliputi (1) paparan latar belakang/kebutuhan perumusan masalah (2) pengumpulan data (3) analisa data (4) menentukan konsep kreatif desain (5) visualisasi desain (6) hasil desain (7) revisi dalam bentuk paparan deskriptif. Perancangan ini menghasilkan beberapa media komunikasi visual yaitu iklan surat kabar billboard brosur x-banner kartu nama sticker kaos postcard sign board dan CD interaktif. Media komunikasi visual yang dirancang terdiri dari dua jenis yaitu media utama yang berbentuk iklan surat kabar dan media pendukung yang merupakan media untuk mempromosikan media utama. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yaitu bersifat deskriptif menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk dengan desain strategi berputar (cyclic strategy). Strategi tersebut menerapkan urutan logis pada tahapan perancangan yang sederhana dan komponen relatif mudah dipahami hanya kadang suatu tahap perlu diulang kembali untuk menampung umpan balik (feed back) sebelum tahap selanjutnya dilaksanakan (Sarwono dan Lubis 2007 28). Media promosi yang dirancang dan didesain harus sesuai dengan strategi promosi yang sudah dipilih. Kesimpulan perancangan media promosi ini secara khusus dapat menjadi sarana promosi yang efektif bagi Hotel Selecta Batu dan secara umum dapat menjadi acuan desain bagi perusahaan lain yang sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item