Ilhami, Wildan (2011) Perancangan iklan layanan masyarakat gerakan menanam pohon untuk Kota Malang / Wildan Ilhami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Menanam Pohon Untuk Kota Malang. Kota kota besar di Indonesia tidak luput dari fenomena pemanasan global salah satunya adalah kota Malang. Permasalahan lingkungan berupa menurunnya produktivitas alam aktivitas manusia dalam meningkatnya jumlah kendaraan bermesin yang mengakibatkan penggunaan bahan bakar yang tak terkendali sehingga terjadi permasalahan lingkungan berupa polusi udara. Sekarang di kota Malang polusi udara dimana-mana sehingga menjadikan kota Malang yang dulunya sejuk menjadi tercemar. Selain masalah polusi masih ada lagi permasalahan semakin tak terkendalinya penggunaan lahan dengan banyak berdirinya ruko dan mall di kota Malang. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menyadarkan dan menggerakkan masyarakat kota Malang akan pentingnya gerakan penanaman pohon agar kelestarian lingkungan yang sehat di kota Malang tetap terjaga. Metode yang digunakan pada perancangan kali ini menggunakan metode dari buku Manajemen Periklanan tahun 1992 oleh Rhenald Khasali. Target Audiens pada perancangan kali ini adalah Masyarakat Kota Malang. Data yang diperoleh adalah data dari hasil wawancara observasi dan beberapa sumber pustaka yang didapatkan dari pihak Departemen Kehutanan Departemen Kebersihan dan Pertamanan dan juga situs resmi Kota Malang. Hasil dari perancangan ini berupa Iklan Layanan Masyarakat untuk media elektronik televisi yang berbentuk animasi. Hasil lainnya adalah berbentuk Ambient media Billboard. Perancangan kali ini juga menghasilkan media komunikasi visual event gerakan Malang Menanam Pohon . Dari hasil secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa dengan membuat Iklan layanan masyarakat dapat menyadarkan dan menggerakkan masyarakat kota Malang akan pentingnya gerakan penanaman pohon agar kelestarian lingkungan yang sehat di kota Malang tetap terjaga. Saran kepada pihak Universitas Negeri Malang dan Mahasiswa Desain Komunikasi Visual sebagai berikut Perlu adanya spesialisasi/konsentrasi program pendidikan yang lebih spesifik lagi dalam program studi Desain Komunikasi Visual yang dirasa sangat luas sekali. Mahasiswa Desain Komunikasi Visual sebaiknya lebih meningkatkan skill baik teori maupun praktis berkaitan dengan ilmu Desain Komunikasi Visual yang bisa mengangkat tema sosial sehingga ilmu yang diperoleh bisa sangat berguna untuk masyarakat secara luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |