Perbedaan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa SMA Negeri 4 dan SMK Shalahuddin di Kota Malang / Nining Pujiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa SMA Negeri 4 dan SMK Shalahuddin di Kota Malang / Nining Pujiati

Nining Pujiati (2009) Perbedaan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa SMA Negeri 4 dan SMK Shalahuddin di Kota Malang / Nining Pujiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan tugas perkembangannya siswa SMA dan SMK berada dalam masa kritis yaitu dalam usia remaja akhir. Mereka menghadapi banyak keputusan dan pilihan. Salah satunya adalah pilihan untuk melanjutkan studi atau bekerja. Pada pendidikan umum mengutamakan persiapan siswa untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut. Sedangkan pada pendidikan kejuruan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Pemilihan karier dan pemilihan pendidikan lanjutan merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Dalam memilih karier dan pendidikan lanjutan siswa memerlukan perencanaan dalam mengambil keputusan. Pemilihan karier dan pendidikan lanjutan harus disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Oleh karena itu peranan bimbingan konseling terutama bimbingan karier di sekolah sangat penting dan dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa SMA dan SMK. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 4 Malang dan SMK Shalahuddin Malang kelas XI dan yang dijadikan sampel penelitian adalah 100 siswa SMA dan 91 siswa SMK. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan dianalisis dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pilihan karier siswa berdasarkan jenis sekolah SMA dan SMK ( 967 2 25 472 r tabel 14.067 Asymp sig 0 001) (2) ada perbedaan yang signifikan pilihan pendidikan lanjutan siswa berdasarkan jenis sekolah SMA dan SMK ( 967 2 70.489 r tabel 7.815 Asymp sig 0 000) (3) tidak ada perbedaan yang signifikan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa berdasarkan jenis sekolah SMA dan SMK ( 967 2 17.824 r tabel 32.671 Asymp sig 0.660) (4) ada perbedaan yang signifikan pilihan karier siswa ditinjau dari layanan bimbingan karier menurut pendapat siswa ( 967 2 18.657 r tabel 14.067 Asymp sig 0 009) (5) ada perbedaan yang signifikan pilihan pendidikan lanjutan ditinjau dari layanan bimbingan karier menurut pendapat siswa ( 967 2 8.593 r tabel 7.815 Asymp sig 0 035) (6) tidak ada perbedaan yang signifikan pilihan karier dan pilihan pendidikan lanjutan siswa ditinjau dari layanan bimbingan karier menurut pendapat siswa ( 967 2 30.262 r tabel 32.671 Asymp sig 0 087). Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada beberapa pihak yaitu (1) bagi konselor SMA bahwa bimbingan karier yang diberikan lebih difokuskan pada pemberian bantuan kepada siswa untuk melanjutkan studi (2) bagi konselor SMK lebih difokuskan pada pemberian bantuan yang mengutamakan pilihan karier siswa yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya (3) bagi pendidik/ guru diharapkan dapat bekerja sama membantu siswa agar dapat mencapai suatu prestasi yang optimal dan cita-cita yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140377

Actions (login required)

View Item View Item